Dalam Satu Dekade Ada 3 Spider-Man Dalam kurun 10 tahun ada 3 aktor membawakan Spider-Man. (Foto: altpress)

HAMPIR semua karakter Marvel dibawakan hanya oleh satu aktor. Seperti Robert Downey Jr. jadi Iron Man selama 11 tahun. Kemudian Hugh Jackman menjadi Wolverine selama 17 tahun. Tetapi tidak untuk Spider-Man, karakter ini dibawakan oleh 3 aktor dalam kurun waktu 10 tahun.

Pertama di layar kaca terpampang wajah Tobey Maguire kemudian beralih ke Andrew Garfield, dan yang teranyar Tom Holland. Ada anggapan kalau sekarang karakter Spider-Man/Peter Parker sempurna diperankan oleh Tom Holland. Laman Looper mengungkapkan alasan ada tiga aktor dalam 10 tahun


Baca Juga: Fast & Furious 9 akan Hadirkan Petarung MMA Francis Ngannou

1. Tobey Maguire

spider
Tobey Maguire yang harus pensiun memerankan Spider-Man. (Foto: metro.us)


Untuk trilogi Spider-Man yang dipegang oleh Sam Raimi saja sudah menyentuh Rp35,5 triliun. Film ini juga membawa aktor yang dulunya biasa saja, menjadi terkenal. Seperti Tobey Maguire (Peter Parker), Kristen Dunst (Mary Jane), dan James Franco (Harry Osborn).

Sayangnya pada Spider-Man 3 penonton dan penggemar superhero ini sama sekali tidak menyukainya. Mereka mengkritik habis supervillain Green Goblin yang baru, Gwen Stacy, dan Peter yang dirasuki oleh symbiote venom.

Apalagi jika satu adegan yang benar-benar menghancurkan esensi Spider-Man, karakter Peter Parker berdansa. Membuat para fans dan kritikus Marvel memberi kritik sangat buruk. Bahkan Sam Raimi pun juga berkata demikian.


2. Andrew Garfield

spider
Andrew Garfield bermain cukup apik. (Foto: thewrap)

The Amazing Spider-Man berlanjut sebagai film Spider-Man yang memajang Andrew Garfield sebagai bintangnya. Film ini memiliki plot yang cukup baik dibandingkan karya Sam Raimi. Hingga mendatangkan aktris seperti Emma Stone (Gwen Stacy) menjadi salah satu ide terbaik.

Sayangnya, Andrew Garfield mendapatkan kritik buruk, walaupun film The Amazing Spider-Man 2 mendapatkan penghargaan Oscar. Keburukan film ini diperlihatkan dengan CGI yang sangat payah untuk film Spider-Man. Kemudian plot ceritanya tidak menampilkan sebagai film eksyen, melainkan film romantis.

Padahal jika dilihat dari referensi komiknya, seri komik The Amazing Spider-Man merupakan komik terkeren sepanjang era Spider-Man. Eksekusi buruk lah yang membuat film ini tidak diharapkan untuk sekuel selanjutnya.


Baca Juga: Kenali 5 Superhero Marvel Defenders Terkuat

3. Tom Holland

spider
Tom Holland, menggambarkan Peter Parker muda. (Foto: onebauer)

Captain America: Civil War menjadi salah satu sekuel dari film Captain America yang membuat banyak superhero bisa datang. Dari tim X-Men dan Fantastic Four mendapatkan sorotan di pertarungan kedua kubu ini.

Ternyata, walaupun di MCU hanya mendatangkan Spider-Man, namun menjadi sorotan besar bagi para fans MCU. Apalagi yang datang adalah aktor yang belum dikenal sebelumnya. Untungnya Tom Holland mendapatkan kritik bagus karena memiliki kepribadian yang cocok dengan Peter Parker. Di samping itu masuk dalam era Peter Parker masih muda sekali.

Dengan mendatangkan Tom Holland, Marvel tidak segan untuk membuat dua film superhero ini, Homecoming dan Far From Home. Tercatat 90 persen review didapatkan oleh film keren ini melalui Rotten Romatoes. Keuntungan belasan triliun rupiah untuk seri film ini segampang membalik telapak tangan untuk MCU. (dnz)


Baca Juga: Setelah Bohemian Rhapsody, ini 5 Film Biopik Lain yang akan Dibuat


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo