Dalam Keadaan Lampu Mati, Tidur Kamu Akan Lebih Berkualitas Tidur dalam keadaan lampu mati akan lebih berkualitas (Foto: pixabay/webandi)

KEBIASAAN tidur dengan ditemani lampu tidur yang terang, ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Selain bisa mengganggu irama sirkadian tubuh, penelitian juga menunjukan adanya kemungkinan kontribusi cahaya di malam hari terhadap obesitas, depresi hingga kanker. Maka dari itu diperlukan cahaya yang aman untuk tidur.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, Kualitas tidur seseorang juga turut berpengaruh pada kualitas kesehatan seseorang pada umumnya. Karena itu, agar terhindar dari gangguan tidur yang disebabkan oleh cahaya pada lampu tidur, kamu bisa menerapkan beberapa tips.

Baca Juga: Deretan Komentar Kocak Warganet Terkait Mati Lampu, Dijamin Ngakak!

Pertama-tama matikanlah semua sumber cahaya, termasuk ponsel, TV dan komputer. Disarankan juga untuk mematikannya sejak satu jam sebelum tidur.

Matikanlah semua sumber cahaya seperti tv, ponsel dan komputer (foto: videoblocks)

Apabila kamu memerlukan lampu tidur, gunakanlah yang berwarna merah dengan pencahayaan redup ketika kamu tidur. Hal itu bisa memberikan efek paling rendah terhadap irama sirkadian dan melatonin, ketimbang warna lainnya.

Selain itu, batasi juga pencahayaan yang masuk ke kamar kamu. Jika ada cahaya terang dari luar kamar, kamu bisa memberikan penghalang, ataupun menggunakan penutup mata.

Lalu hindari juga menyalakan lampu yang terang disaat kamu terbangun di malam hari. Ketika kamu terbangun untuk melakukan sesuatu dan perlu menggunakan penerang, gunakanlah lampu dengan cahaya yang redup berwarna merah atau kekuningan.

Jika kamu bekerja pada malam hari, usahakan untuk mendapatkan istirahat secukupnya di siang hari. Ketika tidur dirumah, biarkanlah kamar kamu gelap sepenuhnya, agar tubuh dapat beristirahat. Jika perlu, gunakan kacamata hitam untuk menghindari paparan cahaya.

Baca Juga: Listrik Kembali Padam, 'Meme' Mati Lampu Bermunculan

Untuk kamu yang takut gelap, ada banyak cara mengatasinya. Salah satunya kamu bisa membaca buku panduan dalam mengatasi rasa takut gelap, atau melakukan terapi kognitif perilaku, untuk mengatasi fobia dan kegelapan.

Jika terpaksa menggunakan cahaya lampu, gunakanlah cahaya berwarna biru (Foto: time)

Sebetulnya, tak diperlukan cahaya lampu tidur di malam hari untuk memperoleh tidur yang berkualitas. Tapi jika terpaksa untuk menggunakannya, pilih cahaya berwarna biru. Meski semua warna masih menyimpan risiko menghambat produksi melatonin, efek cahaya biru dapat menghambat produksi melatonin hingga dua kali lebih kuat ketimbang warna lain. (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH