Dahulu 'Garage Sale', Kini 'Preloved Shopping'

Rina GarminaRina Garmina - Jumat, 27 Oktober 2017
Dahulu 'Garage Sale', Kini 'Preloved Shopping'
Garage sale. (Foto: Pixabay)

SEBELUM penjualan barang preloved marak, bisnis garage sale lebih dahulu hadir. Baik preloved shop maupun garage sale, sama-sama menjual barang bekas yang masih layak pakai.

Garage sale bersinar pada 2012. Di dalam buku 'Bisnis Kreatif di Rumah', Hendry E Ramdhan menyebutkan ia mencermati beberapa tempat di sudut Jakarta membuka garage sale. Salah satu lokasi di Jakarta yang sering menjadi tempat garage sale adalah Kemang.

"Ada orang menekuni bisnis garage sale dan ada pula yang menjadi pengusaha garage sale dadakan karena ingin pindah rumah atau menghabiskan stok barang di rumahnya yang tidak terpakai," tulis Hendry dalam bukunya.

Sesuai namanya, barang-barang yang dijual lewat garage sale ini digelar di garasi rumah. Ide awalnya ialah 'mengosongkan' garasi. Meski begitu, ada pula yang serius menggeluti bisnis ini. Mereka yang serius umumnya memakai tempat sendiri, tetapi menampung barang titipan dan menjualnya kepada pengunjung yang datang. Pemilik tempat ini mendapat untung dari penjualan barang-barang titipan.

Barang-barang di garage sale umumnya dijual dengan sistem banting harga. Inilah yang membedakannya dengan preloved shop. Barang yang dijual lewat preloved shop terkesan berkelas. Apalagi banyak pedagang barang preloved yang menjual dagangan bermerek yang mereka beli di luar negeri. Barang-barang seperti ini juga disukai lantaran modelnya biasanya tak pasaran.

Preloved shop juga menjadi alternatif bagi sejumlah kalangan menengah-atas untuk memonetisasi barang-barang bermerek dan berharga mereka yang sudah tidak dipakai lagi. Gengsi menjadi motivasi utama para pemburu barang preloved. Mereka tidak peduli pada kondisi barangnya, yang penting merek barang tersebut dapat mendongkrak gengsi.

Penjualan barang preloved ini mulai booming empat sampai lima tahun belakangan, mengikuti perkembangan tren belanja daring. Selain dijual melalui situs-situs khusus, banyak pula pedagang yang memanfaatkan WhatsApp, Facebook dan Instagram saat menawarkan barang-barang preloved. Anda sendiri biasa membeli barang bekas yang masih layak pakai itu di mana?

Nia Ramadhani merupakan salah satu selebritas yang menjual baju anaknya yang sudah tidak dipakai. Mau tahu harganya? Cek jawabannya pada artikel Nia Ramadhani Jual Baju Bekas Mikhayla, Harganya Bikin Melongo! (*)

#Nia Ramadhani #Barang Preloved #Garage Sale
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan