Daging Se'i, Kuliner Kekinian di Bandung, Sudah Tahu Kota Asalnya? Daging se'i. (Foto: Instagram/seisapilamalera)

AROMA daging se'i yang khas membuatnya disukai banyak pencinta kuliner. Di Bandung, makanan berbahan dasar daging se'i ini sedang menjadi kuliner kekinian. Ada beberapa resto di sana yang menyajikan hidangan berbahan dasar daging ini. Namun, tahukah Anda dari mana asalnya daging se'i ini?

Kupang. Ya, daging asap ini berasal dari kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur itu. Aroma khas pada daging se'i diperoleh dari asap hasil pembakaran daging menggunakan kayu asap. Proses pembakarannya dilakukan dari jarak jauh sehingga daging tidak gosong akibat terkena jilatan api seperti ketika Anda membakar satai.

Kayu yang digunakan untuk membakar daging biasanya kosambi. Sebelum diasap, daging direndam dengan bumbu khusus, lalu diiris-iris. Setelah itu baru dibakar dua hingga tiga jam sampai matang. Ada pula yang sebaliknya, diasap dahulu, baru diiris-iris tipis.

Di tempat asalnya, tak hanya daging sapi yang dimasak dengan cara diasapkan. Daging babi dan ikan pun biasanya diasapkan. Daging yang baru saja diasap dapat langsung Anda makan. Namun, Anda harus mengiris tipis dagingnya sebelum disantap. Daging se'i yang telah beberapa hari diasap sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum disajikan.

Daging se'i memiliki tekstur yang lembut. Saat dimakan, Anda dapat merasakan teksturnya yang lembut dengan aroma khas asap yang wanginya menggoda. Membuat Anda ingin selalu ingin menambah porsi makan.

Anda dapat memasak daging se'i dengan cara menggoreng, menumis atau menyayurnya. Di sejumlah resto di Bandung seperti Se'i Sapi Lamalera yang terletak di Jalan Bagus Rangin, daging ini disajikan dalam bentuk Se'i Sapi dan Sambal Lu'at, Se'i Sapi Rica Rica, Se'i Ayam Sambal Ijo, Se'i Ayam Sambal Matah, Lidah Asap Rica Rica, dan Lidah Asap Sambal Matah.

Harga seporsi daging se'i dibanderol mulai dari Rp15 ribu. Warga Bandung wajib mencicipi kuliner kekinian ini sekarang juga. (*)

Mau tahu kuliner kekinian lain di Bandung? Dapatkan jawabannya pada artikel ini: Wajib Kunjungi 5 Tempat Kuliner Hits Paling Kekinian Di Bandung



Rina Garmina