Daging Sapi Enak Sih, Tapi... Terlalu banyak makan daging sapi bisa berakibat buruk bagi kesehatanmu. (foto: pixabay/couleur)

PENCINTA daging tentu setuju bahwa daging sapi lezat disajikan dalam berbagai olahan. Selain enak, seperti dilansir Healthline, daging sapi juga punya kandungan protein yang cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program olahraga. Selain itu, lemak dan zat besi yang terdapat di dalam daging sapi juga dibutuhkan bagi mereka yang kekurangan darah.


Meskipun demikian, terlalu banyak dan sering mengonsumsi daging sapi bisa berefek buruk bagi kesehatan.

BACA JUGA: Cara Kilat Turunkan Kolesterol: Makan Bawang Putih


1. Kanker

cancer
Zat karsinogenik bisa terbentuk saat pengolahan daging. (foto: pixabay/PDPics)

Memasak daging sapi atau daging merah lainnya dengan cara digoreng atau dibakar akan membentuk zat karsinogenik. Zat itu bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Sebagai antisipasi, kamu bisa memasak daging sapi dengan cara dikukus atau direbus. Cara memasak itu akan menurunkan risiko tersebut.


2. Jantung

heartache
Lemak jenuh pada daging sapi enggak baik untuk jantung. (foto: pixabay/geralt)

Daging sapi memiliki kandungan lemak jenuh dan kalori yang sulit dipecah tubuh jika terlalu banyak dikonsumsi. Lemak dan kalori yang tidak dapat dipecah itu akan menumpuk di organ-organ dalam manusia, termasuk jantung. Jika sudah begitu, saluran peredaran darah dalam jantung akan tersumbat dan bisa menyebabkan serangan jantung mendadak.

BACA JUGA: Sederet Manfaat Kesehatan Saat Kamu Mengonsumsi Stroberi


3. Kulit Kusam

skin
Bikin kekurangan vitamin C. (foto: pixabay/422694)

Terlalu banyak mengonsumsi daging sapi tanpa dibarengi dengan asupan sayur dan buah bisa membuat tubuhmu kekurangan vitamin C. Kulitmu akan menjadi kusam dan tubuh menjadi cepat lelah.


4. Pengeroposan Tulang

doctor
Membuat tulang keropos. (foto: pixabay/rawpixel)

Saat kamu terlalu banyak makan daging sapi, saluran kandung kemih akan mengeluarkan banyak kalsium dari tubuh. Hal itu akan menyebabkan tubuh kekurangan zat kalsium sehingga tulang mengeropos secara perlahan.

Mengonsumsi daging sapi boleh saja asal jangan berlebihan karena nutrisi dalam daging sapi tetap dibutuhkan oleh tubuh.(mar)

BACA JUGA: Risiko Kesehatan di Balik Nikmatnya Makanan Bersantan



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH