Daging Merah dapat Beri Manfaat Juga Daging merah sumber protein, vitamin dan mineral. (Foto: Pexels/Malidate Van)

SAAT ini banyak orang yang berusaha untuk menghindari daging merah. Umumnya karena memiliki riwayat atau menghindari terkena sakit jantung, diabates, kanker atau sakit lainnya. Daging merah memang memiliki warna merah sebelum diolah menjadi masakan. Daging merah biasanya diolah menjadi bakso, patty burger, sosis, ham atau daging asap.

Sebenarnya daging merah memiliki manfaat bagi tubuh juga asal tidak berlebihan. Daging ini adalah sumber protein, vitamin dan mineral. Laman Alodokter menganjurkan untuk tetap mengonsumsi daging merah, namun dalam batas yang wajar saja.

daging
Mengonsumsi daging merah boleh saja asal jangan berlebihan. (Foto: Pexels/Malidate Van)

Bac juga: 6 Bahan Makanan ini Enggak Perlu Kamu Cuci Sebelum Memasaknya

Segalanya yang berlebihan memang tidak baik termasuk mengonsumsi daging merah. Yang perlu diperhatikan adalah porsi konsumsi dan cara pengolahannya. Laman Alodokter menuliskan bahwa batas yang diperbolehkan mengonsumsi daging ini adalah sekitar 100 gram per harinya. Namun itu untuk daging merah yang bukan produk turunan. Bila mengonsumsi produk turunan atau olahan seperti sosis atau ham maka yang disarankan adalah sekitar 70 gram saja dalam sehari.

Sebaiknya daging merah diolah dengan membuang lemaknya. Tenderloin dan sirloin sebaiknya dihindari. Demikian juga dengan memasak sosis sebaiknya tidak terlalu banyak. Masukan daging ayam dan sayuran sebagai bagian dari masakan. Sebaiknya mengurangi konsumsi daging merah dan gantikan dengan daging ayam atau daging dari laut.

daging
Pastikan lemak sudah dihilangkan sebelum diolah. (Foto: Pexels/Malidate Van)

Baca artikel lainnya: 4 Makanan ini Bikin Wajah Cepat Tua, Yuk Kurangi!

Jangan memasak atau mengolah daging merah dalam suhu tinggi, ini akan melepaskan zat yang berpotensi meningkatkan risiko kanker. Sebaiknya dimasak seperti dipanggang atau digoreng dalam suhu menengah dan lebih lama. Bila mengolah dengan cara memanggang atau menggoreng sebaiknya daging sering dibolak-balik.

Daging merah yang terlalu matang dapat menimbulkan potensi penyebab kanker. Namun jangan terlalu mentah karena bakteri yang ada pada daging masih aktif. Jadi durasi memasak menjadi sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan. Lemak juga harus dibuang kalau mau mengonsumsi daging merah. (psr)

Artikel lainnya: Makanan Kaya Vitamin dan Mineral Ada dalam Makanan Sehari-Hari

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH