Kesehatan

Daging Ayam Makanan Paling Berbahaya?

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 03 Agustus 2018
Daging Ayam Makanan Paling Berbahaya?
Terdapat bakteri salmonella pada daging ayam (Foto: Pexels/Lukas)

SIAPA sih yang tidak suka dengan daging ayam? Makanan yang satu ini paling digemari masyarakat manapun. Olahan daging ayam pun beraneka ragam. Mau dipanggang, digoreng, atau di Indonesia sendiri enak disemur maupun digulai.

Selain enak daging ayam pun sangat bergizi. Ya, daging ayam merupakan sumber protein yang diperlukan bagi tubuh kamu. Akan tetapi, di satu sisi daging ayam ternyata berbahaya. karena bisa menjadi sumber penyakit demikian menurut Mens'Health.

Centers for Disease Control (CDC) memiliki laporan terbaru mengenai penyakit yang ditularkan dari makanan. Sepanjang tahun 2009-2015 sekiranya selalu ada dua orang yang terkena penyakit sama karena makanan. Lalu, sepanjang tahun ini terdapat 5.760 kasus bahwa makanan menjadi sumber penyakit.

Lebih detilnya 100.939 orang terserang penyakit karena mengonsumsi suatu makanan. Sebanyak 5.699 orang yang terkena penyakit karena makanan harus menjalankan rawat inap. Yang paling mengerikan makanan menyebabkan 145 orang meninggal dunia.

Daging ayam salah satu sumber protein. (Foto: Pexels/Chan Walrus)

Namun, yang paling mengejutkan ialah rupanya daging ayam menjadi salah satu sumber penyakit terbesar. Sebanyak 3.114 orang terkena penyakit karena daging ayam yang terkontaminasi. Artinya daging ayam sebenarnya menyehatkan, hanya saja daging tersebut rentan terkontaminasi oleh bakteri. Selain itu, daging babi dan sayuran juga menjadi sumber penyakit dengan masing-masing menyebabkan 2.670 dan 2.572 orang sakit.

Baca juga: Jahe, Makanan Sehat bagi Penderita Kanker Payudara

Ternyata pada daging ayam terdapat bakteri bernama salmonella. Bakteri ini merupakan genus bakteri enterobakteria gram negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan tifoid, paratifod, dan penyakit foodborne."Pada daging ayam terdapat bakteri salmonella," kata Thomas Gremillion, direktur dari Food Policy Institute di Consumer Federation of America, kepada CBS News.

Salmonella adalah sejenis bakteri yang dapat menyebabkan diare, demam, dan kram sekitar 12 hingga 72 jam setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Selain pada unggas, Salmonella dapat ditemukan dalam telur, keju, jus, dan buah.

Malonella juga terdapat pada sayuran (Foto: Pexels/Pixabay)

Memang terdengar agak mengerikan mengetahui makanan kesukaan setiap orang ini ternyata berbahaya. Akan tetapi menurut CDC hal tersebut tidak menjadi masalah besar. Kamu tetap bisa mengonsumsi ayam asalkan menjaga kebersihan makanan.

Misalnya, masak daging ayam sematang mungkin, jangan sampai setengah matang. Begitu pula dengan telur ayam, konsumsi dengan kondisi sudah dimasak dan matang. Lalu, usahakan jangan menggunakan peralatan masak yang sama pada makanan mentah yang berbeda.

Kemudian pastikan selalu kebersihan tempat makanan seperti piring, hingga permukaan meja makan kamu. Serta yang terpenting ialah selalu mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum menyantap makanan. (ikh)

Baca juga: Meski Berbahan Sayur, Keripik Sayur Bukan Makanan Sehat

#Daging Ayam
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan