Daftar Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh yang Lebih Baik Jaga selalu kesehatan tubuh dengan asupan vitamin yang cukup (Foto: pixabay/lazare)

SISTEM kekebalan tubuh didesain untuk melindungi diri dari serangan mikroorganisme penyebab penyakit. Tapi, pada suatu kondisi tertentu, sistem imun kamu tak bisa bekerja dengan semestinya. Disaat-saat seperti itulah kamu membutuhkan vitamin, agar daya tahan tubuh menjadi lebih optimal.

Sejumlah ilmuwan sejak lama menganggap bahwa orang yang tak mampu mencukupi kebutuhan gizi harian, lebih rentan terkena penyakit.

Baca juga:

Makanan Nikmat yang Bisa Redakan Flu

Beberapa hasil penelitian membuktikan, kekurangan nutrisi tertentu seperti selenium, zinc, zat besi, tembaga, vitamin A, D, C, E, dan asam folat, akan berdampak pada respons sistem imun tubuh.

Adapun deretan vitamin untuk daya tahan tubuh yang sangat baik untuk dikonsumsi, seperti yang dilansir dari lama Alodokter sangat beragam.

Petama yaitu vitamin A, yang dikenal sebagai senyawa penting untuk sistem penglihatan manusia. Padahal, tak banyak yang tahu jika vitamin A pun berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh, khususnya dalam pembentukan sel darah putih.

Cukup asupan vitamin demi daya tahan tubuh yang lebih baik (Foto: pixabay/ritaE)

Sel darah itulah yang berguna melawan memberantas bakteri, atau virus di dalam tubuh. Vitamin A bisa didapatkan dari hati sapi, ubi jalar, serta buah dan sayuran berwarna terang, termasuk wortel, brokoli, labu, tomat dan juga semangka.

Kedua ialah vitamin B. Vitamin yang satu ini berguna memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin B bisa kamu temukan pada biji-bijian, kacang-kacangan, susu, paprika, tuna, daging ayam, brokoli serta ikan.

Vitamin B mempunyai peran penting untuk produksi energi, menunjang metabolisme tubuh, serta memelihara kesehatan ibu dan janin dalam kehamilan. Tak hanya itu, vitamin B juga mampu menjaga kekebalan tubuh seseorang agar tetap berada pada kondisi terbaik.

Baca Juga:

Waspadai Dingin, Berikut Tips Menghindarinya

Ketiga yakni vitamin C, yang dapat meningkatkan kadar antibodi, sehingga memperbaiki respons kekebalan tubuh. Vitamin yang memiliki efek antioksidan ini juga membantu penyembuhan luka dan mengoptimalkan aktivitas sel darah putih.

Vitamin C bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi paprika, stroberi, brokoli, bayam, kiwi, mangga dan buah jeruk.

Jaga asupan vitamin setiap harinya agar tubuh tetap sehat (Foto: pixabay/pixel2013)

Vitamin selanjutnya yang perlu kamu konsumsi ialah vitamin D. Studi laboratorium menunjukan vitamin D berguna dalam memicu dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Untuk mendapatkan vitamin D, selain dengan berjemur, bisa juga dengan mengonsumsi minyak ikan, telur, sereal, margarin yang diperkaya vitamin D dan suplemen vitamin D.

Terakhir, jangan lupa mengonsumsi Vitamin E. Ini merupakan salah satu vitamin jenis antioksidan, serta memiliki peran penting dalam melindungi kelenjar timus, dan memperkuat sel darah putih dalam melawan infeksi.

Vitamin E sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, khususnya ketika tubuh mendapat serangan penyakit kronis akibat virus dan kerusakan sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Vitamin E bisa kamu temukan pada biji bunga matahari, kacang tanah, kacang almond, pepaya, alpukat, dan bayam. Yuk rutin mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuhmu! (ryn)

Baca Juga:

Rajin Cuci Tangan untuk Terhindar dari Pilek saat Musim Hujan dan Banjir

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala