Bisnis
Daftar Tren Digital Marketing yang Perlu Diketahui UMKM UMKM harus mengenal tren digital marketing (Foto: pixabay/justinafliszek)

DI TENGAH perkembangan teknologi pada era digital ini, para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tak bisa hanya mengandalkan berjualan dengan cara konvensional. Mereka harus 'melek' dunia digital marketing atau pemasaran digital.

Menurut Ary Mozta selaku AVP Marketing Lifelong Zenpro di Zenius, berdasarkan data, pelaku UMKM yang bisa menerapkan digital marketing dengan tepat, bisa mencapai potensi pertumbuhan pendapatan hingga tiga kali lipat lebih besar.

Baca Juga:

Aplikasi Permudah UMKM Mengurus Perizinan Ekspor-Impor

"Inilah pentingnya mempelajari skill digital marketing, karena bisnis yang tidak menjalankannya akan tertinggal jauh dari para kompetitor," jelas Ary seperti yang dikutip dari laman Antara.

Menggunakan jasa influencer untuk promosi cukup diminati. (Foto: pixabay/splitshare)

Menurut Ary, seorang digital marketer harus memiliki karakter lincah dan adaptif. Hal itu lantaran banyak platform digitial serta media sosial yang tersedia, ditambah dengan pemasaran yang terus berubah sepanjang tahun. Untuk itu, mereka harus memperbarui kemampuannya.

Menurut Zenpro, ada lima tren digital marketing yang perlu diketahui oleh para UMKM. Tren pertama yakni menggunakan video pendek. Kemunculan TikTok sebagai pendatang baru media sosial beberapa tahun lalu, mengubah lanskap marketing di dunia.

Saat ini, banyak orang yang menyukai promosi menggunakan video klip pendek sekitar 1-5 menit. Promosi tersebut pun menjadi tren baru yang disukai oleh masyarakat.

Tren yang kedua yaitu bekerjasama dengan influencer. Menggunakan tokoh-tokoh terkenal di media sosial masih akan terus menjadi tren. Menurut data Google, 70 persen remaja lebih percaya rekomendasi influencer dibanding selebritas. Di Indonesia, terdapat 62 persen pengguna internet melakukan pembelian produk tertentu setelah melihat konten promosional dari influencer.

Baca Juga:

Pentingnya UMKM Memiliki Website Sendiri Biar Cuan Bertambah

penjualan lewat media sosial cukup diminati (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

Tren yang ketiga yaitu penjualan lewat media sosial. Saat ini sejumlah platform media sosial berupaya mempermudah pengguna untuk melakukan pembelian langsung produk yang mereka lihat. Oleh karena itu, belanja di media sosial diprediksi akan menjadi tren yang berkembang pesat. Bahkan, nilainya bisa mencapai USD 1,2 triliun secara global di 2025.

Tren yang keempat yaitu daya tarik konten soft-selling. Sebaiknya pelaku bisnis membuat konten yang menarik, relevan dan berguna bagi target audiens mereka.

Seperti halnya saat berjualan sepatu, mereka dapat membuat konten perihal menjaga kebersihan sepatu, maupun memilih sepatu olahraga yang tepat. Hal tersebut bisa mendapat sambutan yang lebih baik dari para audiens.

Tren yang kelima yakni personalisasi. Konsumen saat ini menginginkan personalisasi lebih. Seperti digital marketing tak cukup hanya membuat satu post iklan yang sama untuk semua demografi. Sebab dibutuhkan personalisasi kuat, sesuai dengan audiens yang ingin disasar.

Sebagai contoh untuk demografi Gen Z, post iklan akan mempromosikan produk dengan warna tren. Sementara untuk demografi lebih tua, post iklan bisa menekankan pada kenyamanan produk. Lalu jangan lupa juga untuk memerhatikan apa daya tarik untuk masing-masing audiens dan memodifikasi strategi sesuai dengan kebutuhanmu. (ryn)

Baca Juga:

Jasa Pengiriman Ini Dukung Pemulihan Ekonomi UMKM

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Alasan Susah Banget Lepasin Mantan
Fun
Alasan Susah Banget Lepasin Mantan

tidak ada gunanya mempertahankan hubungan yang tidak memiliki masa depan.

Mengintip Kolaborasi Terbaru Converse X Peanuts
Fashion
Mengintip Kolaborasi Terbaru Converse X Peanuts

Converse dan Peanuts bermaksud mempersembahkan hal-hal jenaka sekaligus menyuntikkan semangat positif

Kampanye #SehangatHarapanIbu Siap Dukung Program Bayi Tabung
Fun
Kampanye #SehangatHarapanIbu Siap Dukung Program Bayi Tabung

Bayi tabung menjadi salah satu cara untuk mendapatkan momongan.

Premiere 'Don't Look Up', Bumil Jennifer Lawrence Tampil Glowing
Fashion
Premiere 'Don't Look Up', Bumil Jennifer Lawrence Tampil Glowing

Aktris yang juga berpose dengan lawan mainnya Leonardo DiCaprio di acara tersebut

Apple Memiliki Kendala Pasokan di 2022, Ada Apa?
Fun
Apple Memiliki Kendala Pasokan di 2022, Ada Apa?

Apple agaknya harus memiliki strategi bisnis baru di 2022.

Ketangguhan Pebisnis Dirikan Butik di Masa Pandemi
Fashion
Ketangguhan Pebisnis Dirikan Butik di Masa Pandemi

Tren fashion monochrome tidak lekang oleh zaman

Tanda-Tanda Kolesterol Selain di Bagian Tengkuk
Fun
Tanda-Tanda Kolesterol Selain di Bagian Tengkuk

Kolesterol kerap kali dirasakan di bagian tengkuk.

Mengapa Harga BTC Terus Berubah?
Fun
Mengapa Harga BTC Terus Berubah?

Di dunia hanya terdapat 21 juta Bitcoin saja.

Rusia-Ukraina Berkonflik, Inggris Diusulkan Jadi Tuan Rumah Eurovision 2023
ShowBiz
Tim Produksi Film 'Turning Red' Didominasi Perempuan
Fun
Tim Produksi Film 'Turning Red' Didominasi Perempuan

Banyak divisi di Turning Red yang didominasi perempuan.