Daftar Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Jelang Natal dan Tahun Baru Patung tuhan Yesus memberkati di Toraja, (Instagram/@kaunangid)

NATAL enggak melulu tentang perayaan, kado, dan dan kerlip lampu di pohon cemara. Menyambut Natal dan Tahun Baru, kamu juga bisa lebih meresapi spritualitas dengan melakukan perjalanan religi atau Wisata Religi.

Memang jenis wisata ini belum hits di kalangan milenial. Wisata Religi merupakan perjalanan mengujungi tempat-tempat nan berhubungan dengan tokoh penyebar agama, kepercayaan, dan lokasi suci agama tertentu.

Jelang libur natal dan tahun baru, merahputih.com telah menyiapkan rekomendasi destinasi untuk Wisata Religi. Penasaran? Kuy! simak artikel ini sampai habis;

1. Gua Maria Lourdes

Gua Maria Lourdes. (Instagram/@ayukoa29)
Gua Maria Lourdes. (Instagram/@ayukoa29)

Tempat wisata satu ini berada di kompleks Gereja Pohsarang, Kediri. Konon, gua ini merupakan replika dari Gua Maria di Lourdes Prancis. Jadi kamu enggak perlu terbang jauh ke negara tempat kota mode itu berada. Cukup sambangi Gereja Pohsarang di daerah Kediri.

Selain terdapat patung Bunda Maria, di destinasi wisata sini kamu juga bisa menikmati patung-patung menggambarkan kisah-kisah rohani, termasuk tentang Jalan Salib.

2. Patung Tuhan Yesus Memberkati

Patung Tuhan Yesus Memberkati. (Instagram/@dbackpacker_)
Patung Tuhan Yesus Memberkati. (Instagram/@dbackpacker_)

Dari Kediri kita beranjak ke Toraja. Di sini juga ada destinasi Wisata Religi bagi umat nasrani dengan panorama terabik. Namaya, Buntu Burake. Lokasinya tak jauh dari Kota Makale. Patung Tuhan Yesus Memberkati merupakan ikon tempat ini lantaran unik dan tinggi menjulang. Jadi, kamu tak perlu jauh-jauh ke Brazil.

Dari destinasi wisata religi satu ini, kamu bisa menikmati berbagai hal, mulai dari panorama cantik Kota Makale hingga pemandangan gunung indah di Toraja. Bagaimana? Keren bukan.

3. Gua Maria Sendang Sriningsih

Gua Maria Sendang Sriningsih. (Instagram/@th_om4s)
Gua Maria Sendang Sriningsih. (Instagram/@th_om4s)

Kembali lagi ke Pulau Jawa. Tempat wisata religi umat nasrani satu ini berada di Klaten. Ratusan anak tangga menjulang, pepohonan besar rindang dan berumur ratusan tahun, berpadu dengan semilir angin gunung nan sejuk, akan senantiasa mengiringi langkah para peziarah ketika mengunjungi destinasi ini.

Jalan menuju ke sana memang tergolong sulit. Tapi jangan khawatir, suasana adem nyaman bisa sedikit membantu untuk pelepas penat.

4. Bukit Doa Pinaling

Bukit Doa Pinaling. (Instagram/@adsumampow23)
Bukit Doa Pinaling. (Instagram/@adsumampow23)

Destinasi Bukit Doa Pinaling terletak di Sulawesi Utara daerah yang dijuluki sebagai Yerusalem-nya Indonesia. Wisata religi di wilayah ini tak kalah menariknya dengan Vatikan dan Israel, sebab masih menghadirkan suasana pedesaan yang benar-benar bersahabat dengan alam.

Jika berada di sini kamu bakal takjub dengan keindahan bangunan, serta alamnya seperti taman di tengah hutan, dengan beberapa sumber mata air dan air terjun alam dikelilingi bebatuan besar.

5. Bukit Doa Tomohon

Bukit Doa Tomohon. (Instagram/@alviandostevan)
Bukit Doa Tomohon. (Instagram/@alviandostevan)

Kawasan Bukit Doa ini punya magnet besar bagi wisatawan. Begitu luas dan hijau, sejauh mata memandang hamparan hijau pohon dan rerumputan memenuhi tempat ini. Bersih dan tertata dengan rapi.

Tempat wisata alam dan religi umat Kristiani ini juga dijadikan lokasi outbond, gathering, tempat pemberkatan nikah, serta pesta pernikahan bernuansa taman. Terdapat pula rute Jalan Salib dengan patung-patung dengan kontur menanjak hingga ke puncak Via Dolorosa.

Bagaimana rekomendasinya sahabat MP? tertarik untuk datang. Cus melancong ke sana, mudah-mudahan sepulangnya kamu bertambah taat beribadah. (*)

Baca Juga: Ragam Tradisi Unik Indonesia Jelang Natal dan Tahun Baru

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH