Ramadan 2019

Daftar Makanan Sehat dan Tak Sehat Dikonsumsi di Bulan Puasa

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 03 Mei 2019
Daftar Makanan Sehat dan Tak Sehat Dikonsumsi di Bulan Puasa
Daftar beberapa makanan sehat dan tak sehat dikonsumsi di bulan puasa (Foto: pixabay/publicdomainimages)

TAK terasa sebentara lagi bulan Ramadan akan tiba. Bagi umat muslim diseluruh dunia, puasa merupakan sebuah ibadah wajib selama bulan Ramadan.

Apalagi jika puasa dilaksanakan dengan benar, maka akan bermanfaat bagi kesehatan kamu loh guys.

Berbicara tentang puasa, organ tubuh seperti halnya limpa, ginjal dan hati, bekerja mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kamu setiap hari.

Racun tersebut salah satunya berasal dari makanan yang kamu konsumsi. Berpuasa sendiri bisa membantu mengurangi racun yang masuk, hingga bebean kerja dari ogran-organ itu berkurang.

Perhatikan pola makan yang baik di bulan ramadan (foto: pixabay/jill111)

Maka dari itu, tubuh sejatinya memerlukan makanan yang sehat, jadi kamu harus memerhatikan pola makan yang baik pada bulan Ramadan.

Namun, sebenarnya pola makan selama bulan ramadan tak begitu berbeda dari bulan sebelumnya, yang terpenting ialah menjaga keseimbangan asupan nutrisi dari makan dan cairan selama bulan puasa.

Jangan salah loh guys, ada beberapa jenis makanan yang tepat dan tidak tepat untuk dikonsumsi selama puasa, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Kurma salah satu makanan yang dianjurkan saat bulan puasa (Foto: pixabay/rawpixel)

Untuk makanan sehat yang direkomendasikan pada saat puasa, yakni Buah. Salah satunya buah kurma atau jus buah. Hindarilah makanan yang terlalu manis, guna mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

Selanjutnya ialah air putih, karena air putih sangat penting untuk memperbanyak asupan air guna mengembalikan cairan tubuh, serta menghindari dehidrasi.

Lalu satu hal yang perlu kamu perhatikan ialah makanan sehat. Seperti usai berbuka puasa pola makan kamu harus seimbang. Seperti halnya terdiri dari buah, sayur, roti, nasi, ikan, daging, susu ataupun produk olahan lainnya. Serta sedikit makanan yang mengandung gula dan lemak.

Sementara itu untuk makanan yang tak dianjurkan dikonsumsi di bulan puasa yang pertama itu minuman mengandung kafein. Karena minuman ini bersifat diuretik, yang menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat lewat urine.

Makanan berlemak dan terdapat kandungan garam tinggi tak dianjurkan di bulan puasa (Foto: pixabay/stocksnap)

Selain minuman yang mengandung kafein, makanan tinggi garam juga tak dianjurkan untuk dikonsumsi di bulan puasa. Khususnya di saat sahur maupun berbuka. Karena garam bisa menimbulkan rasa haus, oleh karena itu batasi konsumsi makanan yang kandungan garamnya tinggi. Selain itu hindari pula makanan yang kaya akan kandungan lemak, seperti kari ataupun goreng-gorengan.

Baca juga: Deretan Makanan yang Membuatmu Awet Muda, Jangan Lihat Nomor 4

Nah itu dia guys beberapa daftar makanan yang sehat dan tidak sehat dikonsumsi di bulan ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa. (Ryn)

#Ramadan 2019 #Puasa #Bulan Ramadan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan