Kegiatan Sebelum Tidur yang Perlu Kamu Hindari agar Tubuh Tetap Fit Hindari beberapa kegiatan sebelum tidur yang bisa mengganggu kualitas tidurmu (Foto: pixabay/darbagan)

PADA era serba digital, masalah yang kerap terjadi pada banyak orang ialah jam tidur yang kurang dan tidak berkualitas. Alih-alih ingin mendapatkan tidur delapan jam penuh, tapi tak sedikit orang yang matanya justru kerap masih terjaga hingga larut malam.

Kurangnya istirahat tentunya akan menyebabkan tubuh kamu merasa lelah. Selain itu semangat untuk menjalani rutinitas pun akan kendur.

Untuk itu, kamu harus mendapatkan tidur yang cukup. Dengan demikian tubuh kamu akan tetap bugar, dan tentunya kamu akan menjadi lebih produktif.

Demi mencapai istirahat yang berkualitas dan tubuh yang fit, ada beberapa kegiatan yang perlu kamu hindari sebelum kamu terlelap dimalam hari, seperti yang dilansir dari laman purewow.

1. Minum Minuman Beralkohol

hindari minum-minuman beralkohol sebelum tidur (Foto: pixabay/jankus)

Tak banyak yang tahu jika alkohol bisa menurunkan kualitas tidur kamu, dengan mengurangi tidur gerak mata cepat (REM Sleep), yang merupakan gangguan perilaku tidur dimana kamu secara fisik bertindak diluar sadar, diiringi dengan mimpi buruk dengan suara vokal serta tiba-tiba lengan dan kaki bergerak selama REM Sleep atau yang kerap disebut perilaku ngigau.

Biasanya terjadi sekitar 90 menit usai kamu tertidur. Apabila semakin sedikit yang kamu dapat, maka kamu bisa mengalami pusing saat terbangun.

2. Menyelesaikan Pekerjaan Kantor di Kasur

Jangan selesaikan pekerjaan kantor kamu saat berada di kasur (Foto: pixabay/stockpic)

Saat pulang dari kantor, kamu biasanya memastikan jika dirimu dan pekerjaanmu terlesaikan atau baik-baik saja. Jika ada sesuatu yang dirasa mengganjal, tentunya kamu akan berusaha menyelesaikan pekerjaan itu dengan membawanya kerumah.

Seperti halnya mengecek e-mail terakhir atau pesan-pesan di grup whatsapp kantor yang masuk sebelum tidur. Pastikan kamu jangan melakukan kegiatan itu ditempat tidur saat kamu ingin istirahat.

Karena kegiatan megecek email atau pesan-pesan tentang pekerjaan diatas kasur saat ingin tidur, akan membuat otak kamu mengasosiasikan tempat tidur dengan stres serta pekerjaan.

3. Mengecek Instagram

Jauhkan ponsel dan jangan main instagram sebelum tidur (Foto: pixabay/use-reiseblogger)

Instagram merupakan salah satu media sosial terpopuler saat ini. Mengecek atau membuka instagram sudah seperti suatu hal 'wajib', khususnya untuk para millennials.

Padahal, penelitian menunjukan, jika cahaya biru serta putih yang dipancarkan dari layar ponsel. Bisa mencegah otak kamu melepaskan melatonin, sebuah hormon yang menyiapkan tubuh kamu untuk tidur.

Jadi, sebaiknya singkirkan sejenak ponsel kamu sebelum tidur. Agar tidur kamu lebih nyenyak dan berkualitas. dengan demikian di pagi hari tubuh kamu terasa segar dan siap untuk beraktifitas.

4. Minum Air Terlalu Banyak

Jangan minum air terlalu banyak sebelum tidur (Foto: pixabay/rawpixel)

Pada malam hari sebelum tidur, sebaiknya kamu jangan minum air secara berlebihan atau terlalu banyak. Karena, hal itu bisa memungkinkan kamu terbangun ditengah malam untuk ke kamar kecil.

Akibatnya, tidur kamu akan terganggu dan kualitas tidurmu tentunya akan menurun. Untuk itu, minumlah air secukupnya sebelum tidur, guna menghindari terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

5. Jangan Makan Pedas dan Makanan yang Mengandung Gula

Hindari makanan pedas dan banyak mengandung gula (Foto: jungyeon/pixabay)

Sebelum tidur sebaiknya kamu menghindari makanan pedas dan yang mengandung gula. Untuk makanan yang mengandung gula seperti cokelat, memang memiliki manfaat yang bagus. Tapi cokelat pun mengandung kafein.

Jadi sebaiknya kamu menjauhi makanan tersebut sebelum tidur. Dalam studi yang diterbitkan pada Journal of Clinical Sleep Medicine, diungkapkan jika makanan tinggi gula serta lemak jenuh. Berkaitan dengan tidur yang lebih ringan, banyak gangguan serta kurang restoratif.

Sementara jika kamu mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur, bisa menyebabkan refluks asam. Hal itu bisa diperburuk jika kamu berbaring terlalu cepat usai makan. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Lari 15 Menit Sehari Dapat Cegah Depresi Lo, Ini Penjelasannya

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH