Daftar ke KPU Sumsel, Berkas Pasangan Herman Deru-Mawardi Lengkap Cagub-Cawagub Sumsel Herman Deru bersama Mawardi Yahya di KPU Sumsel (Foto: Ist)

MerahPutih.Com - Hari ini pasangan calon yang akan bertarung di Pilgub Sumsel mendaftarkan diri ke KPU Sumsel. Dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan sudah mendaftar ke KPU provinsi setempat pada hari kedua pendaftaran bakal calon kepala daerah tersebut.

Pendaftaran dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan itu diterima langsung oleh ketua dan komisioner KPU Sumatera Selatan di Palembang, Selasa (9/1).

Dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan yang sudah mendaftar ke KPU itu, adalah Ishak Mekki-Yudha Mahyuddin dan Herman Deru-Mawardi Yahya.

"Alhamdulillah pendaftaran kami telah diterima oleh KPU dengan tanpa catatan atau boleh dikatakan berkasnya sudah lengkap," kata bakal calon Gubernur Sumsel Herman Deru.

Herman Deru sebagaimana dilansir Antara menjelaskan setelah mendaftar itu, selanjutnya pihaknya akan mengikuti proses pemeriksaan kesehatan yang rencananya pada 11 Januari 2018.

"Setelah pendaftaran ini sebelum penetapan nomor urut calon maka kami leluasa untuk sosialisasi dengan cara pribadi maupun partai politik, karena belum diatur jadwalnya oleh KPU," ujarnya.

Herman Deru juga mengajak pasangan calon lainnya untuk berkompetisi secara sehat.

Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan dalam masa pendaftaran, 8-10 Januari 2018, pihaknya menerima kelengkapan administrasi yang diserahkan bakal pasangan calon.

Setelah itu, pihaknya akan langsung memverifikasi apakah sudah sesuai dengan persyaratan yang ada.

"Setelah diserahkan oleh bakal pasangan calon, maka akan sama-sama dilihat apakah sesuai regulasi berkas yang diserahkan. Kalau sesuai maka akan dibuatkan tanda terima, tetapi kalau ada yang kurang maka masih ada waktu paling lambat 10 Januari 2018 sampai pukul 24.00 WIB," tuturnya.

Selanjutnya, setelah masa pendaftaran seluruh bakal pasangan calon dijadwalkan menjalani tes kesehatan di rumah sakit yang memenuhi standar yang ditetapkan.

Untuk tes kesehatan dijadwalkan pada 11 Januari 2018, seluruh bakal pasangan calon diharuskan hadir di RSMH Palembang.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH