Hajatan Fashion Terbesar Warga +62 Ini Wajib Didatangi Daftar hajatan fashion terbesar di Indonesia (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

INDUSTRI fashion di Tanah Air berkembang cukup pesat. Hal itu tampak dari pertumbuhan brand fashion lokal yang semakin meningkat. Bahkan, sejumlah brand fashion lokal sudah banyak yang tampil di pentas internasional. Selain brand fashion, tidak sedikit juga para desainer Indonesia yang sudah berhasil unjuk gigi di gelaran fashion bertaraf Internasional.

Kiprah fashion Indonesia di kancah dunia tentunya tak terlepas dari dukungan masyarakat luas terhadap industri fashion Indonesia. Selain itu, di Indonesia juga banyak sekali wadah bagi para desainer untuk menampilkan karya-karyanya, seperti sejumah event fashion besar di Indonesia.

Baca Juga:

Indonesia Pimpin Global Modest Fashion Week Association

Pada sebuah event fashion biasanya tak sekadar pameran busana dari sejumlah desainer saja, melainkan menghadirkan bazaar, talkshow, hingga diskon dan promo menarik.

Di Indonesia banyak sekali hajatan fashion berskala besar yang sangat menarik untuk didatangi (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Salah satu event fashion bergengsi di Indonesia ialah Indonesia Fashion Week (IFW). Gelaran IFW merupakan pekan mode terbesar di Indonesia yang digelar oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) sejak 2011.

Indonesia Fashion Week berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), dengan mengusung tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Acara tersebut sejala dengan komitmen dari APPMI, untuk terus mengembangkan serta mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

Rangkaian acara dari Indonesia Fashion Week antara lain yakni fashion show serta pameran yang menampilkan berbagai produk fashion dari seluruh Indonesia. IFW acap kali menggandeng desainer dari negara tetangga untuk menampilkan karya mereka di depan para pemerhati mode Indonesia. Selain fashion, IFW pun menampilkan berbagai aspek budaya hingga wisata, untuk memperlihatkan identitas Indonesia di kancah internasional.

Selanjutnya ada Jakarta Fashion Week atau yang lebih dikenal dengan JFW. Jakarta Fashion Week sudah menjadi barometer industri mode Indonesia. Pada setiap gelarannya, Jakarat Fashion Week sangat menyedot perhatian pencinta mode Tanah Air hingga ke Asia Tenggara. JFW Biasanya menampilkan tren fashion terbaru, dan diikuti oleh ratusan desainer hingga brand fashion.

Jakarta Fashion Week biasanya digelar dikawasan Mall Senayan City. JFW tak hanya menampilkan fashion show, tapi juga menghadirkan sejumlah program menarik. Seperti lomba perancang mode, lomba perancang mode menswear, fashion link showroom and market, talkshow, dan sebagainya.

Berikutnya ada Jember Fashion Carnaval (JFC). Event fashion yang digelar setiap tahun di Jember, Jawa Timur ini, berupa sebuah parade yang mempertontonkan ragam busana dan pakaian dengan tema-teman tertetentu. Jember Fasion Carnaval sendiri sudah menjadi ikon fashion di Jember yang pamornya sudah dikenal baik di dalam maupun luar negeri.

Jember Fashion Carnaval juga menampilkan beragam model fashion yang atraktif dan bernuansa kedaerahan. Pada event tersebut, ribuan peserta yang mengenakan busana kedaerahan berjalan mengelilingi kota dan disaksikan oleh masyarakat dan wisatawan.

Indonesia menjadi salah satu kiblat modest fashion dunia. (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Selain fashion kedaerahan dan modern, ada juga event fashion yang khusus menghadirkan fashion muslim. Hal itu tak terlepas dari potensi fashion muslim Indonesia yang sangat besar, hingga menjadi salah satu kiblat modest fashion dunia.

Hajatan fashion muslim yang cuku besar di Indonesia ialah Muslim Fashion FEstival (MUFFEST). MUFFEST digelar untuk mewadahi sejumlah desainer serta pelaku bisnis mapakai muslim. Event Muslim Fashion Festival digelar setiap tahunnya di Jakarta Convention Center (JCC).

Muslim Fashion Festival digelar oleh Indonesian Fashion Chamber bersama Dyandra Promosindo sekali professional Evet Organizer. Acara tersebut dihelat sebagai motor penggerak agar Indonesia semakin menjadi kiblat fashion muslim dunia.

Baca juga:

Kemenparekraf Optimis Industri Modest di Indonesia Bangkit Kembali

Acara fashion muslim berskala besar di Indonesia cukup banyak. (Foto: Merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

Ragam acara yang digelar di MUFFEST antara lain yakni fashion show, pameran dagang B2C dan B2B, fashion presentation, talkshow, seminar, lomba Modest Young Designers Competition (MYDC), dan ragam kegiatan menarik lainnya. Hadirnya MUFFEST diharapkan bisa memajukan kualitas produk modest fashion di Indonesia agar memiliki daya saing tinggi di kancah internasional.

Hajatan fashion muslim yang cukup besar di Indonesia selanjutnya yakni Indonesia Modest Fashion Week (IMFW). Acara ini merupakan event tahunan yang menampilkan sejumlah karya-karya desainer fashion muslim. IMFW sudah digelar sejak 2016 oleh Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD).

Adapun tujuan dari IMFW yakni memberika arah serta gambaran terhadap industri fashion modest di Indonesia. Kemudian, selain desainer dalam negeri, IMFW juga turut menghadirkan sejumlah desainer dari luar negeri. (Ryn)

Baca juga:

Geliat Modest Fashion di Tengah Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sandiaga Uno Sebut Profesi Ilustrator di Indonesia Kian Menjanjikan
Fun
Sandiaga Uno Sebut Profesi Ilustrator di Indonesia Kian Menjanjikan

Banyak ladang uang untuk profesi ilustrator.

Mengenal Sejarah Lahirnya Tahun Hijriah
Fun
Mengenal Sejarah Lahirnya Tahun Hijriah

Tahun hijriyah memiliki Muharam sebagai bulan pertama.

Tiktok Larang Konten Tantangan Viral yang Berbahaya
Hiburan & Gaya Hidup
Tiktok Larang Konten Tantangan Viral yang Berbahaya

TikTok mulai menghapus video yang mempromosikan gejala gangguan makanan, termasuk olahraga yang berlebihan.

Beban Berat Amazon untuk Menghadirkan Serial 'God of War'
ShowBiz
Beban Berat Amazon untuk Menghadirkan Serial 'God of War'

Amazon Prime Video akan memproduksi serial God of War.

Jembatan Menuju Album Terbaru, Isyana Sarasvati Rilis EP 'my Mystery'
ShowBiz
Satgas Anti-Bullying untuk Mencegah Perundungan di Lingkungan Sekolah
Fun
Satgas Anti-Bullying untuk Mencegah Perundungan di Lingkungan Sekolah

Perundungan tidak boleh terjadi di lingkungan sekolah.

Diminati, Produk Plant-based Potensial Jadi Tren
Hiburan & Gaya Hidup
Diminati, Produk Plant-based Potensial Jadi Tren

Potensial menjadi tren yang berkelanjutan di masa depan.

Kapan Sebaiknya Anak Diperkenalkan kepada Dokter Gigi?
Fun
Kapan Sebaiknya Anak Diperkenalkan kepada Dokter Gigi?

Orang tua acap kali tidak menyadari pentingnya memelihara kesehatan gigi dan mulut anak.

1000 Beasiswa untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia
Fun
1000 Beasiswa untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia

Saatnya siswa Indonesia mendapatkan kualitas terbaik.

Penggemar Sepak Bola Jangan Tunda Kejar Mimpi Berlaga di Eropa
Hiburan & Gaya Hidup
Penggemar Sepak Bola Jangan Tunda Kejar Mimpi Berlaga di Eropa

Meski begitu, semangat menjadi pemain sepak bola profesinoal tak pernah surut