Ramadan 2022
Daftar Aplikasi yang Paling Banyak Dicari Selama Ramadan Intip daftar aplikasi yang paling dicari selama Ramadan (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

SALAH satu aplikasi yang paling banyak digunakan selama bulan Ramadan ialah aplikasi keuangan atau fintech. Ini berdasarkan riset dari Shareit Group yang berjudul'Plan an Impactful Ramadan 2022.

Seperti dilansir dari laman Antara, ada juga aplikasi lainnya, seperti buku serta referensi, portal berita, majalah, aplikasi resep makanan, aplikikasi kesehatan, chatting, kebugaran hingga event.

Baca Juga:

Daftar Aplikasi Ponsel untuk Mempermudah Perjalanan Mudik Lebaran

aplikasi yang paling banyak digunakan selama bulan Ramadan ialah aplikasi keuangan atau fintech (Foto: Pixabay/geralt)

Pengguna aplikasi tersebut terbagi dalam empat fase di bulan Ramadan. Yakni fase seminggu sebelum Ramadan, minggu 1-2 Ramadan, minggu 3-4 Ramadan, dan fase Terakhir, seminggu setelah Ramadan. Masing-masing fase menunjukan perbedaan kebutuhan konsumen, yang mempengaruhi kebiasaan dalam menggunakan aplikasi tertentu.

"Selama Ramadhan, brand harus mengenali kebutuhan pelanggan mereka dan menyusun strategi untuk dapat mencapai target demografis mereka melalui pemasaran yang disesuaikan dan platform terpercaya," jelas Country Sales Director of SHAREit Group, Aat Pangestu Hadi.

Menurut hasil penelitian Shareit, salah satu aplikasi yang paling banyak dibagikan selama bulan Ramadan yaitu aplikasi fintech, dengan jumlah sebesar 25 persen dan naik hingga 43 persen pada fase ketiga Ramadan. Itu disebabkan karena lonjakan belanja dari minggu pertama hingga lebaran, dan tingginya pengajuan pinjaman untuk membiayai kebutuhan acara serta liburan menjelang hari raya.

Kemudian, aplikasi event juga meningkat cukup signifikan, yaitu 55 persen selama Ramadan. Bahkan, aplikasi ini meningkat di fase keempat dengan jumlah peningkatan mencapai 80 persen.

Jumlah tersebut diambil dari tren pasca-Ramadan, di mana sebagaian orang merencanakan sebuah pertemuan, dengan orang-oran terdekat untuk merayakan Idul Fitri bersama, dengan memakai aplikasi event untuk mencari referensi tempat.

Untuk aplikasi buku dan referensi, pun meningkat sebesar 43 persen selama bulan Ramadan, mencapai puncaknya di 67 persen di fase kedua.

Baca Juga:

Waspada Malware Menyusup di Balik Aplikasi VLC Media Player

Aplikasi buku dan refrensi cukup banyak dicari di bulan Ramadan (Foto: pixabay/perfecto_capucine)

Ini karena awal-awal fase Ramadan, masyarakat cenderung memakai waktu luang mereka untuk membaca buku, serta mencair refrensi bacaan yang terkait denan momen Ramadan.

Untuk aplikasi berita serta majalan mengalami peningkatan sebanyak 43 persen di fase pertama. Ini karena adanya kebutuhan untuk mengetahui berita terbaru tentang momentum Ramadan. Termasuk pula berita-berita lainnya yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah, khususnya menjelang Lebaran.

Kemudian, aplikasi olahraga pun mengalami lonjakan pada fase pertama Ramadan, yaitu sebesar 55 persen, dan kian meningkatn di fase kedua yang menyentuh 69 persen. Begitu pula dengan aplikasi medis, yang meningkat sebesar 25 persen pada fase pertama, dan mencapai puncaknya di fase ketiga, yakni 36 persen.

Sementara di fase kedua, aplikasi makanan meningkat hingga kenaikannya mencapai 29 persen. Ini terjadi karena animo masyarakat yang mencari inspirasi menemukan konsep untuk sahur dan berbuka puasa. Untuk aplikasi kesehatan dan kebugaran, meningkat 32 persen di fase ketiga, karena dorongan untuk tetap berolahraga dengan porsi yang sesuai selama bulan Puasa.

Sementara aplikasi komunikasi, meningkat 25 persen pada fase keempat. Biasanya aplikasi itu digunakan untuk mengunggah foto atau video momen kebersamaan bersama orang terdekat. (RYN)

Baca Juga:

Waspada Malware Berbahaya di Balik Aplikasi Edit Foto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Remake Film 'Forest Gump', Aamir Khan Terancam di Boikot
ShowBiz
Remake Film 'Forest Gump', Aamir Khan Terancam di Boikot

Aamir Khan merupakan seorang aktor sekaligus sutradara.

Jelang Lebaran, Yuk Hadirkan Suasana Baru di Rumah
Home Lifestyle
Jelang Lebaran, Yuk Hadirkan Suasana Baru di Rumah

Berikan suasan hangat saat Lebaran di rumah.

Nintendo Umumkan Penutupan Penjualan Digital di 3DS dan Wii U
Fun
Nintendo Umumkan Penutupan Penjualan Digital di 3DS dan Wii U

Nintendo 3DS dan Wii U sempat menjadi konsol portable unggulan pada masanya.

Snakehips Ajak BIA dan Lucky Daye dalam Single 'Solitude'
ShowBiz
Pawang Hujang, Kearifan Lokal yang Viral
Fun
Pawang Hujang, Kearifan Lokal yang Viral

Menjadi pawang hujan memang bukan profesi yang umum pada masyarakat.

'Digimon World Next Order' Hadir di Nintendo Switch pada 2023
Fun
'Digimon World Next Order' Hadir di Nintendo Switch pada 2023

Digimon World Next Order akan hadir dalam edisi International Edition.

CEO BMW: Harga Mobil Listrik Tak Akan Pernah Murah
Fun
CEO BMW: Harga Mobil Listrik Tak Akan Pernah Murah

Mobil listrik mahal, dan akan selalu mahal.

Honda Beberkan Spesifikasi Resmi Civic Type R 2023
Fun
Honda Beberkan Spesifikasi Resmi Civic Type R 2023

Tenaganya capai 315 dk dengan torsi 420 Nm.

Royal Enfield Hunter 350, Motor Lincah Berdesain Retro-Metro
Hiburan & Gaya Hidup
Royal Enfield Hunter 350, Motor Lincah Berdesain Retro-Metro

Cocok untuk para berkendara dalam kota.

Penanganan Stroke Sedini Mungkin Bisa Cegah Risiko Kematian
Fun
Penanganan Stroke Sedini Mungkin Bisa Cegah Risiko Kematian

Serangan stroke bisa terjadi secara tiba-tiba pada siapapun. Baik dalam keadaan istirahat maupun tengah melakukan kegiatan