Ramadan 2022
Daftar Aplikasi yang Paling Banyak Dicari Selama Ramadan Intip daftar aplikasi yang paling dicari selama Ramadan (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

SALAH satu aplikasi yang paling banyak digunakan selama bulan Ramadan ialah aplikasi keuangan atau fintech. Ini berdasarkan riset dari Shareit Group yang berjudul'Plan an Impactful Ramadan 2022.

Seperti dilansir dari laman Antara, ada juga aplikasi lainnya, seperti buku serta referensi, portal berita, majalah, aplikasi resep makanan, aplikikasi kesehatan, chatting, kebugaran hingga event.

Baca Juga:

Daftar Aplikasi Ponsel untuk Mempermudah Perjalanan Mudik Lebaran

aplikasi yang paling banyak digunakan selama bulan Ramadan ialah aplikasi keuangan atau fintech (Foto: Pixabay/geralt)

Pengguna aplikasi tersebut terbagi dalam empat fase di bulan Ramadan. Yakni fase seminggu sebelum Ramadan, minggu 1-2 Ramadan, minggu 3-4 Ramadan, dan fase Terakhir, seminggu setelah Ramadan. Masing-masing fase menunjukan perbedaan kebutuhan konsumen, yang mempengaruhi kebiasaan dalam menggunakan aplikasi tertentu.

"Selama Ramadhan, brand harus mengenali kebutuhan pelanggan mereka dan menyusun strategi untuk dapat mencapai target demografis mereka melalui pemasaran yang disesuaikan dan platform terpercaya," jelas Country Sales Director of SHAREit Group, Aat Pangestu Hadi.

Menurut hasil penelitian Shareit, salah satu aplikasi yang paling banyak dibagikan selama bulan Ramadan yaitu aplikasi fintech, dengan jumlah sebesar 25 persen dan naik hingga 43 persen pada fase ketiga Ramadan. Itu disebabkan karena lonjakan belanja dari minggu pertama hingga lebaran, dan tingginya pengajuan pinjaman untuk membiayai kebutuhan acara serta liburan menjelang hari raya.

Kemudian, aplikasi event juga meningkat cukup signifikan, yaitu 55 persen selama Ramadan. Bahkan, aplikasi ini meningkat di fase keempat dengan jumlah peningkatan mencapai 80 persen.

Jumlah tersebut diambil dari tren pasca-Ramadan, di mana sebagaian orang merencanakan sebuah pertemuan, dengan orang-oran terdekat untuk merayakan Idul Fitri bersama, dengan memakai aplikasi event untuk mencari referensi tempat.

Untuk aplikasi buku dan referensi, pun meningkat sebesar 43 persen selama bulan Ramadan, mencapai puncaknya di 67 persen di fase kedua.

Baca Juga:

Waspada Malware Menyusup di Balik Aplikasi VLC Media Player

Aplikasi buku dan refrensi cukup banyak dicari di bulan Ramadan (Foto: pixabay/perfecto_capucine)

Ini karena awal-awal fase Ramadan, masyarakat cenderung memakai waktu luang mereka untuk membaca buku, serta mencair refrensi bacaan yang terkait denan momen Ramadan.

Untuk aplikasi berita serta majalan mengalami peningkatan sebanyak 43 persen di fase pertama. Ini karena adanya kebutuhan untuk mengetahui berita terbaru tentang momentum Ramadan. Termasuk pula berita-berita lainnya yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah, khususnya menjelang Lebaran.

Kemudian, aplikasi olahraga pun mengalami lonjakan pada fase pertama Ramadan, yaitu sebesar 55 persen, dan kian meningkatn di fase kedua yang menyentuh 69 persen. Begitu pula dengan aplikasi medis, yang meningkat sebesar 25 persen pada fase pertama, dan mencapai puncaknya di fase ketiga, yakni 36 persen.

Sementara di fase kedua, aplikasi makanan meningkat hingga kenaikannya mencapai 29 persen. Ini terjadi karena animo masyarakat yang mencari inspirasi menemukan konsep untuk sahur dan berbuka puasa. Untuk aplikasi kesehatan dan kebugaran, meningkat 32 persen di fase ketiga, karena dorongan untuk tetap berolahraga dengan porsi yang sesuai selama bulan Puasa.

Sementara aplikasi komunikasi, meningkat 25 persen pada fase keempat. Biasanya aplikasi itu digunakan untuk mengunggah foto atau video momen kebersamaan bersama orang terdekat. (RYN)

Baca Juga:

Waspada Malware Berbahaya di Balik Aplikasi Edit Foto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pangeran William dan Kate Middleton Berpihak pada Masyarakat Ukraina
Fun
Pangeran William dan Kate Middleton Berpihak pada Masyarakat Ukraina

Pangeran William dan Kate Middleton angkat bicara soal isu Rusia-Ukraina.

Pulang Mudik, Waktunya Periksa Suku Cadang Agar Mobil Tetap Optimal
Fun
Pulang Mudik, Waktunya Periksa Suku Cadang Agar Mobil Tetap Optimal

Periksa suku cadang mulai dari filter oli hingga karet wiper.

6 Penyair Lelang Puisi Karyanya Untuk Anak Yatim Piatu Korban COVID-19
Fun
Jalan-Jalan di Hutan Terlarang ala Harry Potter
ShowBiz
Jalan-Jalan di Hutan Terlarang ala Harry Potter

Warner Bros. Themed Entertainment dan Thinkwell baru saja bekerjasama untuk membuat acara pada bulan Oktober mendatang.

Dua Kali, Marc Marquez Punya Keinginan Pensiun
ShowBiz
Dua Kali, Marc Marquez Punya Keinginan Pensiun

Salah satunya saat di Mandalika.

Ini nih, Bun, 5 Tipe Suami Idaman ala K-Drama
ShowBiz
Ini nih, Bun, 5 Tipe Suami Idaman ala K-Drama

Beberapa sifat mereka menjadi salah satu yang diidamkan untuk menjadi pasangan.

Riot Games Membuka Kantor Cabang Pertamanya di Indonesia
Fun
Riot Games Membuka Kantor Cabang Pertamanya di Indonesia

Riot Games juga akan membuka kantornya di Indonesia untuk layanan dan komunitas di tanah air ini.

Karakter Virgo Sebagai Kekasih, Mantan, Sahabat, Orangtua dan Anak
Fun
Harga Fantastis Figur Terra dari Final Fantasy 6
Fun
Harga Fantastis Figur Terra dari Final Fantasy 6

Pemesanan awal untuk patung ini telah dibuka sejak 25 April dengan harga Rp 167 juta.

Mengenal Fakta Menarik Tentang Baby Dutch Pancake
Fun
Mengenal Fakta Menarik Tentang Baby Dutch Pancake

Yuk kenali Baby Dutch Pancake asal Jerman yang hadir di Bandung