Dabu-dabu Penambah Selera Makan Orang Manado Dabu-dabu. (Instagram/yuyukputri)

Sambal selalu menjadi pendamping makan orang Indonesia. Sambal bagian tak terpisahkan dari cara berkuliner di negeri ini. Jenis-jenis sambal tersebar di seluruh Indonesia dengan kekhasan masing-masing daerah.

Mungkin Anda pernah dengan nama "dabu-dabu". Sambal khas Manado ini salah satu sambal lokal yang sudah terkenal di Indonesia. Hal itu juga di antaranya karena di beberapa kota besar terdapat rumah makan khas Manado yang menyajikan kuliner pedas ini.

Sebetulnya makanan khas Manado yang terkenal sangat banyak. Namun untuk jenis saus, dabu-dabu yang muncul di dunia kuliner tanah air. Dabu-dabu sebagai penambah selera makan selalu ada dalam setiap jamuan orang Manado.

Selain di Manado, beberapa daerah lain memiliki sambal hampir sama dengan dabu-dabu. Namun, hal yang membedakan ada tingkat kepedasannya. Sambal Manado sudah dikenal para pecinta kuliner tanah air karena pedas. Selain itu, ada beberapa jenis dabu-dabu menyesuaikan dengan makanan yang disajikan dan makanan itu khas Manado.

Dabu-dabu bercita rasa pedas dominan. Ini menggambarkan bahwa masyarakat Manado sangat doyan makanan-makanan pedas. Aroma bawang dengan campuran tomat iris membuat makanan terasa segar. Salah satu jenisnya mencampurkan bahan cabai, tomat, bawang merah, dicampur garam. Semua diiris kecil-kecil dalam wadah lalu disiram jeruk nipis dan diaduk merata, lalu disiram dengan bekas minyak penggorengan yang masih panas. Jenis bernama dabu-dabu lilang ini biasa menjadi saus ikan bakar.

Dabu-dabu. (Instagram/homemadelj)
Dabu-dabu. (Instagram/homemadelj)

Dabu-dabu jenis lain yaitu dabu-dabu terasi. Penyajiannya berbeda lagi karena sebagian bahan ditumbuk. Terasi goreng atau bakar ditumbuk bersama irisan cabai dan tomat, lalu irisan bawang terakhir ditambahkan di bagian atas, setelah itu disiram dengan minyak penggorengan yang masih panas.

Jenis dabu-dabu terasi biasa disajikan dengan pisang goreng. Pisang goreng plus dabu-dabu ini bahkan sudah terkenal sebagai makanan khas Manado dengan nama "goreng pisang". Selain itu, masih banyak lagi jenis dabu-dabu sesuai dengan makanan yang disajikan.

Jika Anda melancong ke Manado, tak sulit mencari dabu-dabu. Dabu-dabu sudah menjadi tradisi berkuliner keluarga Manado. Ketika Anda makan di situ pasti disediakan dabu-dabu sebagai saus tradisional masyarakat setempat. Selain itu, Anda juga bisa ke rumah-rumah makan yang selalu siap sedia dabu-dabu dengan menu-menu khas Manado lainnya.

Kota Manado salah satu daerah wisata di Sulawesi. Wisata alam dan wisata kuliner selalu menjadi andalan Kota Tinutuan ini. Khusus untuk wisata kuliner, bagi Anda yang suka masakan pedas, Kota Manado sangat cocok sebagai tempat untuk berkuliner ria.

Ikan bakar dengan dabu-dabu. (Instagram/meifoodjourney)
Ikan bakar dengan dabu-dabu. (Instagram/meifoodjourney)

Ketika Anda tak sedang melancong ke Manado, mungkin rasa penasaran bisa terbayar dengan mengunjungi rumah khas Manado, atau sebaiknya ke Manado dan nikmati bagaimana pedasnya dabu-dabu menambah selera makan Anda di Ibu Kota Sulawesi Utara. (*)

Baca juga artikel kuliner nusantara lainnya: Bagaimana Jadinya Pempek Palembang Tanpa Ikan Gabus?

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy