D’Kandang Amazing Farm, Wisata Edukasi yang Dirancang Sesuai Kurikulum D'Kandang Amazing Farm memberikan edukasi peternakan dan pertanian untuk anak-anak. (Foto: MP/Angga Yudha Pratama)

DEPOK, kota satelit yang berbatasan dengan Jakarta ini memiliki destinasi wisata yang sangat berguna bagi anak-anak. D’Kandang Amazing Farm demikian disebutnya. Destinasi wisata ini berisikan berbagai wahana yang memberikan pembelajaran pada pengunjungnya pada bidang pertanian dan peternakan serta kegiatan kreatif lainnya.

Baru-baru ini D’Kandang Amazing Farm mendapatkan penghargaan ISTA 2018 dari Kementrian Pariwisata. Destinasi ini mendapatkan penghargaan kepada pengelola destinasi wisata yang menerapkan pariwisata berkelanjutan.

d'kandang amazing farm
Memberikan edukasi alam dan lingkungan pada anak. (Foto: MP/Angga Yudha Pratama)

D’Kandang Amazing Farm ini berlokasi di Jl.Penarikan, Pasir Putih, Sawangan Kota Depok adalah satu dari 17 destinasi wisata yang mendapatkan penghargaan tersebut. Pada malam ini (30/11) akan diumumkan siapa yang akan menjadi jawara penghargaan itu.

D’Kandang merupakan destinasi wisata yang ramah anak sekaligus mengedukasi mereka. Pengelola menyadari konsep edukasi yang dikedepankan harus selaras dengan kurikulum sekolah yang ada. Disini anak-anak mendapatkan pembelajaran sekaligus belajar langsung secara nyata.

d'kandang amazing farfm
Anak-anak menjadi mengerti dunia peternakan dan pertanian. (Foto: MP/Angga Yudha Pratama)

Wahana yang ada di dalam destinasi wisata ini meliputi memberi makan ayam, kelinci, bebek, kambing, adapula memberi susu pada anak kambing, menangkap ikan, menunggangi kerbau dan flying fox. Hanya itu? Ternyata tidak! Masih ada kegiatan lainnya, seperti melukis layang-layang, membuat produk keramik dari tanah liat, menunggang kuda dan istana balon. Pendeknya disini kegiatannya sangat beragam dan membuat anak-anak lebih kreatif.

d'kandang amazing farm
Mendekatkan anak-anak pada lingkungannya. (Foto: MP/Angga Yudha Pratama)

D’Kandang Amazing Farm sudah ada sejak tahun 2011, berawal dari perusahaan CV Sawangan Farm Dairy yang bergerak di bidang peternakan dan pertanian. Kegiatan dan hasil tempat ini dahulunya seperti breeding domba, fattening domba, fattening sapi potong, breeding sapi perah, breeding kambing perah, susu, yoghurt, dan penyediaan keperluan aqiqah.

Di tahun 2014 perusahaan ini kemudian mengembangkan diri menjadi tempat wisata edukasi dengan branding D’Kandang Amazing Farm. Selain itu perusahaan ini juga melebarkan sayap pada branding lainnya seperti Safary Milk untuk produk olahan susu, Kandang Aqiqah yang melayani keperluan aqiqah dan Chantie Garden yang menghasilkan produk pertanian. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH