Curug Putri Wisata Alam Primadona Pandeglang Curug Putri, Gunung Pulosari, Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Foto: Twitter/@agilkusumaaa)

MerahPutih Wisata - Curug Putri menjadi wisata andalan di Kabupaten Pandeglang, Banten. Tidak hanya warga lokal, warga luar daerah kerap menyambangi air terjun ini untuk berwisata, atau melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Bagi Anda yang hobi pertualangan atau hiking, Curug Putri bisa menjadi pilihan. Tidak mudah mencapai destinasi wisata yang sangat alami ini. Curug Putri berada di jalur pendakian ke puncak Gunung Pulosari.

Di dekat Curug Putri, terdapat pos pendakian. Pos berupa saung dengan bangunan kayu ini selalu menjadi pilihan beristirahat para pendaki sebelum ke puncak. Bangunan kayu ini biasa menjadi tempat penitipan barang bawaan sebelum Anda melepaskan diri menikmati Curug Putri.

"Curug" merupakan bahasa Sunda untuk air terjun. "curug putri" berarti air terjun putri. Tidak salah jika air terjun ini disematkan dengan nama "putri" karena sangat indah bagaikan seorang putri. Lokasi Curug Putri yang berada di gunung membuatnya sangat alami. Rintik-rintik air terjun membuat Anda yang berada di sana sangat merasakan kesegarannya.

Curug Putri terletak di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang. Lokasi ini dapat ditempuh dari pusat kota Pandeglang kurang lebih 25 kilometer ke arah barat. Jalur yang bisa ditempuh yaitu menuju Mandalawangi-Cilentung-Curug Putri. Dari Desa Cilentung, perjalanan menuju Curug Cilentung ditempuh berjalan kaki kurang lebih 2 kilometer.



Hal yang paling menarik di Curug Putri yaitu suasana hutan di sekitar curug yang memiliki ketinggian belasan meter ini. Air yang jernih dan sangat dingin tentu menjadi daya tarik tersendiri. Suasana hutan hujan tropis menjadikan curug putri berbeda. Berada di kawasan hutan Gunung Pulosari, Curug Putri sangat alami. Pohon-pohon di sekitar dan di atas curug menambah keasriannya. Tak heran, jika di lokasi ini pencayahaan matahari sedikit terhalang karena rimbun pohon-pohon.

Bermain air menjadi pilihan saat Anda berkunjung ke Curug Putri, meski tentu tidak akan terlalu tahan berlama-lama karena air Curug Putri sangat dingin. Menikmati pantulan air di batu-batu saja sudah membuat tubuh menggigil. Mengagumi "kecantikan" Curug Putri tiada habisnya. Batu-batu yang banyak terdapat di aliran curug menambah keindahan Curug Putri.

Jika Anda ingin meneruskan perjalanan, sebuah jalur menanjak ada di antara rimbunan rumput-rumput yang tinggi. Jalur itu merupakan jalu pendakian ke kawah Gunung Pulosari. Tapi, jika Anda sudah berada di Curug Putri, rasanya sangat berat untuk melanjutkan perjalanan. Anda sedang beristirahat nyaman di Curug Putri.


BACA JUGA:

  1. Curug Luhur, Nikmati Serunya Wisata Air di Bogor
  2. Wisata Air Terjun Ekstrim di Curug Cihaer
  3. Curug Cigangsa, Surga Tersembunyi di Sukabumi
  4. Nikmati Pesona Keindahan Curug Sibedil di Pemalang
  5. Wisata Unik, Curug Sejajar di Pemalang


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH