Curug Goa Segitiga, Wisata Paling Ekstrem di Bogor Curug Goa Segitiga, Bogor (MP/Noer Ardiansjah)

Curug Goa Segitiga adalah salah satu dari sekian banyak curug atau air terjun yang ada di daerah Bogor, Jawa Barat. Keindahan warna air dan pemandangan alamnya yang memeson, menjadi daya tarik bagi para penjelajah yang datang ke curug di daerah yang berjuluk Kota Hujan tersebut.

Berbeda dengan curug-curug yang ada di daerah Bogor lainnya, rute perjalanan menuju Curug Goa Segitiga ini pengunjung harus melintasi medan yang cukup ekstrem dan berbahaya. Sehingga dibutuhkan kesiapan keberanian serta fisik yang super ekstra.

Sopian Hadi salah seorang pemandu curug wisata di Bogor, mengatakan bahwa untuk mencapai lokasi tersebut, dibutuhkan nyali yang cukup besar. Untuk bisa sampai ke lokasi ini juga hanya bisa ditepuh pada saat-saat tertentu, yaitu ketika aliran sungai yang mengarah ke curug tersebut sedang surut. Karena jalur sungai inilah satu-satunya akses menuju Curug Goa Segitiga.

"Curug ini, berada di tempat yang sangat sulit. Kita baru bisa mencapai tempat itu kalau saja air sungai tidak terlalu deras," kata Sopian kepada merahputih.com di Desa Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat, beberapa hari lalu.

Air jernih Curug Goa Segitiga, Bogor (MP/Noer Ardiansjah)

Selain harus melintasi sungai, bebatuan terjal di sepanjang sungai tersebut juga dipenuhi lumut, sehingga pengunjung yang menjelajah ke kawasan tersebut harus berhati-hati, belum lagi lembah-lembah curam mengapit sepanjang aliran sungai tersebut.

Sepanjang perjalanan, pengunjung juga akan disambut dengan kicau berbagai jenis burung serta binatang primata, kera hutan, yang bergelantungan di atas pohon sepanjang bibir sungai.

"Hati-hati, Kang. Kalau monyet turun, kita diamkan saja. Biasanya mereka mencium bau makanan yang kita bawa. Lalu, mengambil paksa. Bahkan, tidak jarang monyet-monyet itu marah sambil memanggil kawanan lainnya," kata Sopian.

Perjalanan menuju Curug Goa Segitiga, Bogor (MP/Noer Ardiansjah)

Pengunjung akan menemukan pemandangan seperti ini selama kurang lebih 3 kilometer hingga sampai pertigaan sungai, yang merupakan gerbang ke lokasi curug. "Nah, pertigaan ini merupakan gerbang, sebentar lagi akan sampai," ucapnya.

Medan yang ekstreman tidak hanya berhenti di situ, jarak 100 meter sebelum sampai lokasi, pengunjung terpaksa harus jalan merunduk dengan keadaan basah karena genangan air sungai yang cukup dalam. "Jangan sampai salah masuk lubang, ya. Kedalaman di sini bisa mencapai dua meter," kata Sopian.

Namun perjalanan yang menantang dan penuh ekstrem tersebut, akan terbayar ketika pengunjung melihat lebih dekat curug yang jarang diketahui masyarakat luas tersebut. Curug tersebut bentuknya sama seperti halnya Curug Cipangatehan yang berbentuk menyerupa kolam. Airnya yang jernih dan segar di Curug Goa Segitiga ini menggoda para penunjung untuk berlama-lama bermain di air terjun tersebut. Airnya pun masih sangat sehat, dan bisa langsung diminum tanpa harus direbus terlebih dahulu. (Ard)

Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: Selain Pantai, Inilah 5 Wisata Alam Bangka Belitung yang Bikin Anda Terpana



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH