Curankor, Ancaman Tongkrongan di Negeri Aing Zippo limited edition. (Foto: instagram/originalzippo)

CURANKOR alias pencurian korek menjadi fenomena yang meresahkan di tongkrongan. Bagaimana tidak, kegiatan merokok yang asyik jadi terhambat karena korek yang tiba-tiba hilang di atas kardus rokok ketika diletakkan di atas meja.

Kejadian ini pun biasanya sering terjadi di tongkrongan mahasiswa. Ketika jeda kelas, penat pun melanda sehingga sebat duabat seringkali mampu membuat otak menjadi lebih encer demi mempersiapkan kelas selanjutnya. Karena waktu yang mepet, kegiatan modus operandi curankor pun lebih mudah untuk dilakukan.

Berawal dari "eh pinjem korek dong," lama-kelamaan si korek pun tiba-tiba mendarat di kantong sang peminjam. Masih menjadi misteri sampai saat ini apakah korek tersebut memang kebawa, atau sengaja dibawa. Setelah tertinggal selama beberapa hari, korek api spanyol (separuh nyolong) itu pun akan terus dibawa kemana-mana, digunakan terus-menerus, dan menjadi hak milik.

Untuk antisipasi, para perokok pun sebaiknya memperhatikan beberapa korek-korek yang sering menjadi incaran untuk dicuri oleh teman satu tongkrongan. Berikut merupakan most wanted korek yang colong-able.

Baca juga:

Ini Topik Ghibah Paling Panas di Tongkrongan Cewek

1. Zippo

Semua perokok pastinya mengenal korek api asal Amerika Serikat yang telah eksis sejak 1930-an ini. Korek api ini merupakan salah satu produk khas AS yang memiliki fitur windproof atau anti angin. Jadi ketika korek api ini dinyalakan, api yang menyala tidak akan mati walau terkena angin.

Harga korek ini pun cukup pricey. Zippo dibanderol mulai dari Rp300 ribu sampai ratusan juta. Korek api ini pun sering dijadikan koleksi oleh para penggemarnya karena terdiri dari model yang unik dan keren.

Jika kamu pengguna Zippo, sebaiknya hanya keluarkan korek ini ketika kamu hendak menyalakan rokok. Jika ada yang meminjamnya, sebaiknya kamu sendiri yang menyalakan api sehingga tidak ada kesempatan bagi orang lain untuk memegang Zippo milikmu.

Lebih aman lagi, sebaiknya hindari membawa Zippo ketika nongkrong, karena korek ini akan cepat banget hilang dari peredaran jika tidak cepat-cepat disimpan dengan baik.

2. Cricket

Korek api merek Cricket biasanya didesain dengan warna yang unik dan disertai dengan slogan-slogan yang menarik di bawah logo khasnya. Walau bentuknya simpel seperti bentuk korek biasa, korek api Cricket cukup awet dan harganya kompetitif. Di aplikasi belanja online, korek api Cricket dibanderol seharga Rp3.500.

Harga yang terjangkau pun tidak membuat korek api Cricket ini tidak menjadi incaran para pelaku curankor. Warna neonnya yang nyentrik dan aesthetic membuat korek api Cricket ini menjadi sasaran empuk untuk dikoleksi oleh para pelaku curankor.

Untuk menjaga agar korek api Cricket-mu tidak dicolong oleh teman setongkrongan, kamu bisa mencoba untuk memberikan nama pada korekmu ini agar sang pelaku berpikir dua kali ketika hendak mencurinya.

Baca juga:

Ketika Nama Orang Tua Jadi Panggilan Akrab di Tongkrongan

3. Tokai

View this post on Instagram

A post shared by ilham tanip (@ilham_yoi)

Korek api gas yang satu ini memang harganya sangat kompetitif dan digunakan oleh sejuta umat. Walau harganya hanya Rp2 ribu saja per buah, korek api Tokai tetap menjadi incaran para curankor karena tahan banting dan cukup awet. Kenyataan tersebut pun membuktikan bahwa sebenarnya semua jenis korek api berpotensi untuk dicuri, asalkan masih bisa menyala untuk menyulut api rokok.

Terkadang, pelaku curankor sendiri tidak niat dan tidak sadar bahwa ia menggunakan korek yang bukan miliknya. Karena sudah kepalang kebawa, maka korek tersebut pun menjadi hak milik. Jika kamu memiliki korek dan sedang berada di tongkrongan teman-teman kampus, sebaiknya terus waspada dan awasi ke mana korek tersebut pergi. (shn)

Baca juga:

Tipe-Tipe Tongkrongan Anak Muda Jakarta yang Harus Kamu Tahu

Penulis : shenna shenna
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Burger Ternama dari Bali Singgah di Jakarta
Fun
Burger Ternama dari Bali Singgah di Jakarta

Restoran ini mengadakan pop-up pertama pada 10-12 Desember 2020 di Beerhall SCBD.

Prediksi The Simpsons Mengenai Kamala Harris di Hari Pelantikannya
Fun
Prediksi The Simpsons Mengenai Kamala Harris di Hari Pelantikannya

Berhubungan dengan The Simpsons season 11 Episode 17: Bart to the Future

Hadiah Rp16 Juta untuk Nonton Star Wars dan The Mandalorian
Fun
Hadiah Rp16 Juta untuk Nonton Star Wars dan The Mandalorian

Penggemar Star Wars di AS berkesempatan dapat uang sambil pesta nonton.

3 Lagu Patah Hati yang Pas dengan Percintaan Milennial dan Gen Z
Hiburan & Gaya Hidup
3 Lagu Patah Hati yang Pas dengan Percintaan Milennial dan Gen Z

Biar makin mendalami rasanya patah hatimu.

Microsoft Hadirkan Komputer Canggih Untuk Lawan Virus Corona
Fun
Selain Kopi, Minuman Berkafein Ini Punya Segudang Manfaat
Fun
Selain Kopi, Minuman Berkafein Ini Punya Segudang Manfaat

Minuman ini mengandung kafein seperti kopi.

Boeing akan Bayar Denda dan Kompensasi Korban Kecelakaan 737 Max
Hiburan & Gaya Hidup
Boeing akan Bayar Denda dan Kompensasi Korban Kecelakaan 737 Max

Setuju untuk membayar US$2,5 miliar atau Rp35,183 triliun.

Wow! Sebotol Cognac Terjual Rp2,1 Miliar
Kuliner
Wow! Sebotol Cognac Terjual Rp2,1 Miliar

Usianya lebih dari 2 abad.

Sempat Ditunda, The 1975 Akhirnya Rilis Album “Notes on Conditional Form”
ShowBiz
Sempat Ditunda, The 1975 Akhirnya Rilis Album “Notes on Conditional Form”

Album diklaim merupakan curahan beragam emosi dan genre musik band tersebut sempat ditunda perilisan pada April 2020.

Deteksi Dini COVID-19 Lewat Smartwatch
Fun
Deteksi Dini COVID-19 Lewat Smartwatch

Smartwatch mampu memantau kesehatan pribadi pengguna dan mendeteksi COVID-19.