Musik

Curahan Seorang Manutized di Single 'Outlandish'

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 22 November 2022
Curahan Seorang Manutized di Single 'Outlandish'
Manutized rilis single terbaru. (Foto: dok Westwew)

SELEPAS kolaborasinya bersama Punokawan, rapper Manutized akhirnya kembali dengan single terbaru berjudul Outlandish di pertengahan November 2022 ini. Bila berbicara tentang karya, Manutized terbilang menghemat dalam setiap rilisannya, terakhir adalah single berjudul Our Little Games di akhir 2021 kemarin.

Setelah melalui bayaknya isu dan skandal di 2022, Manutized mencurahkan sedikit kegelisahannya dalam single terbaru ini.

Baca juga:

Punokawan Perkenalkan Diri Lewat Single ‘Samadhi’

View this post on Instagram

A post shared by @manutized

“Ini adalah upaya saya melawan rasa lelah dan khawatirnya sebagai seorang pemuda yang besar di Indonesia. Bukannya tidak peduli, tetapi saat terlalu lama peduli tanpa ada tanda semuanya akan membaik, kita akhirnya merasa lelah juga,” curhat Manutized dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Senin (21/11).

Ini menjadi kali pertama bagi Manu untuk menulis sebuah materi yang bercerita tentang tema-tema isu sosial.

“Rasanya apa pun yang dia lakukan, katakan, bahkan pikirkan, pasti ada yang mengatakan bahwa dirinya salah,” lanjut Manu.

Pada kesempatan ini, Manutized berkolaborasi dengan Fathan Maulana, seorang produser muda yang membantunya selama penggarapan lagu ini, turut meliputi proses mixing dan mastering.

Baca juga:

Album 'Pronoia' dari Matter Mos Resmi Rilis

View this post on Instagram

A post shared by @manutized

Warna hip-hop klasik terdengar kental dalam Outlandish, bagaimana selama durasi berlangsung single ini akrab dengan iringan piano yang berharmonisasi dengan ketukan-ketukan pengiring kemampuan rap dari Manutized.

Suasana yang dibangun dalam single ini begitu membuka ruang bagi Manu, untuk mencurahkan segala isi hati dan pikiran tanpa perlu berlebih emosi, memastikan pendengar bisa menerima dengan benak tenang dan terbuka.

Masih dalam koridor musik bernuansa laid-back, lirik-lirik yang dibawa memuat pesan-pesan introspektif terhadap kegelisahannya tentang isu-isu sosial yang kerap terjadi di Tanah Air.

Outlandish memiliki arti ‘lebih aneh dari aneh’. Bisa jadi diartikan kepada masyarakat kita tetapi bisa jadi juga Manu bertanya kepada dirinya apakah ia seorang outlandish yang tak pernah di anggap normal oleh masyarakat? Keseluruhan jawaban tersebut memiliki sudut pandang dari masing-masing yang mendengarkan. (kna)

Baca juga:

Kembali ke Akar, Punokawan Rilis 'Indo'

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan