Cupang hingga TikTok-an, 5 Hobi Baru ini Muncul di Masa Pandemi

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 04 Maret 2021
Cupang hingga TikTok-an, 5 Hobi Baru ini Muncul di Masa Pandemi
Sejumlah bisnis ikan cupang banyak digeluti selama masa pandemi. (Foto: Pixabay/Imstevendesign)

KALAU kita lihat dari sisi positifnya, pandemi COVID-19 sebenarnya melahirkan banyak hal dan kebiasaan baru yang bermanfaat bagi sebagian orang. Beberapa di antaranya adalah bisnis ikan cupang, berkebun, bersepeda, bermain TikTok, menonton film, dan masih banyak lagi.

Ini semua dilakukan demi menghibur diri sendiri karena situasi pandemi yang memungkinkan kita beraktivitas dari rumah kurang lebih hampir satu tahun. Di antara lima di bawah ini, mana hobimu?

Baca juga:

Varian Baru COVID-19 Asal Inggris Ditemukan, Satgas Perketat Pintu Masuk ke Indonesia

1. Bersepeda

Cupang hingga TikTok-an, 5 Hobi Baru ini Muncul di Masa Pandemi
Bersepeda demi kesehatan. (Foto: Unsplash/Martin Magnemyr)


Kalau kamu liat di jalanan sejak awal masa pandemi, banyak sepeda wara-wiri muali dari anak kecil hingga orang dewasa. Hobi yang satu ini mendadak ramai diikuti masyarakat untuk mengusir rasa bosan selama di rumah saja. Bahkan para ‘sultan’ rela membeli sepeda mahal seperti Brompton, demi bisa bersepeda dengan rekan-rekan mereka.

Tidak bisa dipungkiri, bersepeda memang menjadi hal yang menyenangkan untuk tetap bisa sehat. Sayangnya masih ada beberapa orang yang masih belum mengerti bagaimaan aturan ketika sedang bersepeda. Peristiwa ini juga sempat ramai dibicarakan karena menjadi keluhan para pengguna jalan.

2. Cupang

Cupang hingga TikTok-an, 5 Hobi Baru ini Muncul di Masa Pandemi
Berangkat dari sebuah hobi. (Foto: Pixabay/nicefishes)

Siapa sih yang enggak asing dengan bisnis ikan cupang selama masa pandemi? Para pebisnis ikan cupang selama pandemi COVID-19 bisa dibilang cukup banyak. Ada yang memang berangkat dari hobi, ada juga yang harus mempelajarinya dari awal.

Hanya dari ikan cupang ternyata bisa menjadi bisnis menguntungkan bagi pembudidayanya. Terutama di masa pandemi ini, banyak orang yang mengisi waktu luang untuk memfokuskan pada hobi. Ikan cupang selain bisa dijadikan hiburan bahkan dapat menghasilkan pendapatan. Sehingga banyak yang hobi ikan cupang menjadikan bisnis sebagai peluang kesuksesannya.

3. Bermain TikTok

Cupang hingga TikTok-an, 5 Hobi Baru ini Muncul di Masa Pandemi
TikTok menjadi salah satu platform yang melonjak selama masa pandemi. (Foto: Unsplash/Soucring Journal)

Seperti yang diketahui, aplikasi TikTok memang melonjak selama masa pandemi COVID-19 karena banyak masyarakat membutuhkan hiburan. Bahkan, beberapa konten dari TikTok sempat viral dan banyak digunakan sebagai lucu-lucuan. Berdasarkan laporan dari Sensor Tower, TikTok diunduh sebanyak 87 juta kali pada Juni 2020. Ini menandakan sebuah peningkatan sebesar 52,7 persen year on year (yoy) dibanding Juni 2019.

Berkat platform video musik asal Tiongkok ini, banyak pembuat di konten di Indonesia menorah kesuksesannya, seperti Jebung, Avan the Love, Fadlan Holao, Botaktiktok, dan masih banyak lagi. Beberapa lagu Indonesia pun sempat diaransemen menjadi lebih unik.

Baca juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Virus Corona Varian Baru Tak Terdeteksi PCR

4. Berkebun

Cupang hingga TikTok-an, 5 Hobi Baru ini Muncul di Masa Pandemi
Berbagai tanaman hias dijadikan bisnis. (Foto: Unsplash/Zoe Schaeffer)


Waktu luang yang banyak menjadikan sebagian individu muali menggeluti hobi baru, termasuk berkebun. Sama halnya dengan bisnis ikan cupang, beberapa tren tanaman hias selama masa pandemi juga dijadikan ladang bisnis, mulai dari monstera, janda bolong, kaktus, hingga aglaonema.

Hobi ini bisa dilakukan siapa saja karena adanya kemudahan akses internet atau bahkan pengetahuan dari orang tua kita. Hobi merawat tanaman hias membawa kegembiraan bagi orang-orang saat suntuk dengan kegiatan yang terbatas. Banyak orang menyadari bahwa merawatnya, termasuk berkontribusi pada kesejahteraan.

5. Menonton film

Cupang hingga TikTok-an, 5 Hobi Baru ini Muncul di Masa Pandemi
Menghabiskan waktu dengan menonton film di rumah. (Foto: Unsplash/Mollie Sivaram)

Selama masa pandemi, industri perfilman banyak yang beralih mendistribusikan film mereka ke platform streaming, seperti Netflix, Disney, Bioskop Online, hingga WeTV. Karena banyak waktu kosong selama masa pandemi, ini jadi momen yang tepat untuk quality time di rumah saja.

Maraknya tayangan-tayangan dari luar negeri juga menjadi buah bibir di media sosial dan membuat kita penasaran untuk menonton. Sebut saja seperti Start-Up, Crash Landing on You, Money Heist, Tiger King, hingga Story of Kale. (and)

Baca juga:

Ganjar Waspadai Masuknya Varian Baru COVID-19 'B117' ke Jateng

Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan