Cukupkan Asupan Vitamin C Selama Ramadan, Konsumsi Makanan Ini Beberapa buah dan sayur merupakan sumber vitamin C yang baik. (foto: pixabay/pixel2013)

VITAMIN C amat penting bagi tubuh. Nutrisi satu itu akan menjaga daya tahan tubuh kamu tetap terjaga. Dengan begitu, kamu enggak mudah sakit. Ketimbang menenggak vitamin C dalam bentuk kapsul suplemen, lebih baik memenuhi kebutuhan vitamin C kamu dari makanan.

Memenuhi kebutuhan vitamin C dari asupan makanan pastilah lebih aman karena sudah pasti alami tanpa efek samping. Jadi selama bulan puasa, ada baiknya kamu penuhi kulkas dengan berbagai bahan makanan mengandung vitamin C. Berikut bahan makanan sumber vitamin C yang baik.

1. Jeruk

Pastikan pilih jeruk yang manis. (foto: pixabay)

Buah satu ini memang amat identik dengan sumber vitamin C. Hal itu tidak mengherankan mengingat kandungan vitamin C jeruk sangat tinggi. Terlebih lagi, rasa jeruk sangat enak dan menyegarkan, sehingga banyak orang yang menyukainya. Selama puasa, kamu bisa menyetok jeruk dalam jumlah lebih banyak. Pastikan kamu memilih jeruk manis ya, agar saat menyantapnya perut tidak ‘kaget’.

2. Pepaya

pepaya
Pepaya kaya serat dan vitamin C. (foto: pixabay)

Di balik rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata pepaya juga buah yang tinggi akan vitamin C. Enggak cuma kaya vitamin C, pepaya juga kaya serat dan ada kandungan papain. Hal itu akan membantu pencernaan kamu selama berpuasa.

Untuk penyajiannya, kamu bisa memakan pepaya begitu saja atau mencampurkannya ke dalam sup buah. biar lebih menarik, pepaya bisa juga kamu kreasikan dengan puding. Makin segar dan makin kaya serat.

3. Blewah

blewah
Es blewah segar dan kaya vitamin C. (foto: moslemdaily)

Bulan Ramadan identik dengan buah blewah. Buah berdaging berwarna jingga ini memang segar. Di balik rasa segar itu, blewah kaya akan kandungan mineral kalium, provitamin A, serat makanan, dan vitamin C. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal, limpa, menurunkan tekanan darah, dan untuk menyembuhkan sariawan.

Buah blewah sangat nikmat dicampurkan dalam sup buah untuk berbuka puasa. Rasanya segar dengan tekstur lembut unik.

4. Jambu biji

jambu biji
Jambu biji nikmat dijadikan jus. (foto: pixabay)

Mengalahkan jeruk, kadungan vitamin C pada jambu biji termasuk yang tertinggi lo. Kandungan asam askorbat atau vitamin C di dalam jambu biji mencapai 126 miligram. Jumlah itu melebihi jumlah 90 miligram asam askorbat yang diperlukan untuk orang setiap harinya atau sekitar 75 miligram untuk kaum perempuan.

Selain vitamin C yang tinggi, jambu biji juga kaya serat, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Warna daging jambu biji yang merah mengindikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Selain dikonsumsi secara langsung, jambu biji juga cocok dibuat menjadi jus yang manis dan menyegarkan untuk berbuka puasa.

5. Paprika

paprika
Rasa paprika ternyata manis dan renyah. (foto: pixabay)

Enggak cuma buah yang punya kandungan vitamin C, sayur juga. Salah satunya paprika. Meski tergolong jenis cabai, paprika memiliki rasa yang cukup manis dan renyah. Dengan begitu, kamu enggak perlu khawatir akan sakit perut. Agar lebih nikmat, kamu bisa mencampurkan paprika ke aneka tumisan sesuai selera.



6. Brokoli

brokoli
Brokoli mudah diolah jadi masakan enak. (foto: pixabay)

Sayuran kriting berbonggol ini punya rasa yang khas, dengan sedikit aroma kacang yang langu. Karena itulah tidak banyak yang menggemari brokoli.

Kalau kamu termasuk yang kurang doyan brokoli, sayang banget deh. Pasalnya, brokoli termasuk sayuran yang tinggi vitamin C. Hal menarik lain dari sayuran hijau ini adalah manfaatnya untuk kesehatan kulit juga cukup besar. Hal itu disebabkan adanya kandungan vitamin C dan E dalam brokoli

Mulai sekarang, sebisa mungkin masukkan brokoli ke aneka sajian menu kamu ya. Kamu bisa mengolah brokoli jadi banyak sajian, mulai dari tumisan, sup, hingga gorengan.


7. Kentang

Kentang nikmat mengenyangkan. (foto: sajiansedap)


Orang mengenalnya sebagai sumber karbohidrat. Namun, ternyata bahan makanan ini kaya juga akan vitamin C. Karena cukup mengenyangkan, kamu bisa menjadikan kentang sebagai makanan pokok pengganti nasi. Lebih bervariasi dan juga tidak membosankan.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH