Cukup Sedikit Aktif Secara Fisik Supaya Kamu Panjang Umur Gunakan tangga ketimbang lift (Foto: Pexels/Shamia Casiano)

UNTUK menjadi sehat. Tentu kamu harus rajin-rajin berolahraga. Bahkan banyak orang yang menjadi anggota di pusat kebugaran demi memiliki tubuh yang bugar. Latihan yang mereka lakukan juga cukup berat dan melelahkan.

Namun, sebenarnya kamu enggak perlu olahraga yang berat-berat untuk menjadi sehat. Cukup sedikit aktif secara fisik. Maka tubuh kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan. Bahkan aktivitas fisik yang sederhana saja sudah bisa bikin kamu panjang umur.

Aktif secara fisik itu enggak sulit kok. Kamu bisa melakukannya sambil menjalankan aktivitas harian. Kamu bisa menyelipkan aktifitas fisik itu dalam kegiatan kamu. Misalnya gunakan tangga ketimbang lift saat berada di kantor. Lalu, kamu bisa menggunakan sepeda saat pergi ke manapun termasuk ke kantor.

"Itu tidak harus rumit. Anda hanya perlu menjadi lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari," ujar Elin Ekblom-Bak, peneliti dari Sekolah Ilmu Olahraga dan Kesehatan Swedia di Stockholm sebagaimana dilansir dari WebMD.

Untuk membuktikan hal tersebut. Ekblom-Bak dan rekan-rekannya mengamati lebih dari 316.000 orang dewasa di Swedia. Dengan usia kisaran 18 sampai 74 tahun. Para partisipan itu memiliki kebugaran jantung dan paru-paru yang dinilai dari tahun 1995 sampai 2015.

Panjang Umur
Aktif secara fisik bikin kamu panjang umur (Foto: Pexels/bruce mars)

Baca juga:

Enggak Pernah Ada Kata Terlambat untuk Berolahraga Walau Usia Sudah Kepala Lima

Dalam penelitian itu partisipan mengendarai siklus stasioner untuk menentukan jumlah maksimum oksigen. Yang dapat disediakan jantung dan paru-paru untuk otot selama latihan. Jumlah oksigen dihitung ke dalam satuan ukur bernama VO2 max.

Hasil penelitian itu kemudian menunjukkan. Risiko semua penyebab kematian karena penyakit kardiovaskular semisal serangan jantung dan stroke turun 2,8% menjadi 3,2%. untuk setiap peningkatan mililiter VO2 max.

Manfaat dari peningkatan aktivitas tersebut juga terlihat pada pria dan perempuan dari setiap kelompok umur."Ini menunjukkan bahwa orang-orang dengan tingkat kebugaran kardiorespirasi yang lebih rendah mendapatkan paling banyak manfaat dari meningkatkan kebugaran mereka," tutur Ekblom-Bak.

Oleh karena itu ia menyarankan agar setiap orang. Mulai aktif secara fisik demi mendapatkan kebugaran. Ya, cukup melalakukan aktivitas yang ringan dan rutin dilakukan setiap hari. Tentunya supaya kesehatan kamu lebih maksimal. Kamu juga harus menghindari gaya hidup yang buruk seperti merokok hingga meminum alkohol.

Yuk sahabat Merah Putih, jangan malas bergerak lagi ya! (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH