Gunakan Botol Minum Kemasan Sekali Saja Mengisi ulang botol air minum kemasan plastik akan memicu pertumbuhan bakteri. (Foto: Pixabay)

Air mineral dalam kemasan botol banyak dijual di pasaran. Air minum ini terbilang praktis bagi Anda yang sedang bepergian. Daripada harus membawa air dari rumah, dengan mudahnya Anda bisa membelinya di perjalanan.

Namun, beberapa orang kerap menyimpan botolnya setelah airnya habis. Mereka mengisi ulang kembali air minum ini usai pakai. Biasanya agar tidak usah membeli lagi. Sebenarnya hal tersebut berbahaya untuk kesehatan.

Sebaiknya Anda cukup menggunakan botol minum kemasan satu kali saja. Jangan mengisi ulang dan menggunakannya kembali. Yang membuatnya berbahaya adalah botol minum kemasan yang terbuat dari plastik.

Botol minum yang terbuat dari plastik bisa menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Bakteri dapat tumbuh jika Anda mengisi ulang kembali air minum pada botol plastik. Selain itu, jika sering diisi ulang, lapisan botol sebenarnya akan menipis. Hal ini akan membuat bakteri dari luar akan masuk dan bakteri akan berkembang biak lebih banyak dalam botol.

Mungkin Anda juga akan terpikir untuk membersihkan bakteri tersebut dengan mencuci botol dengan air panas. Hal itu tetap percuma. Botol plastik juga mengandung bahan kimia.

Jike mencucinya dengan air panas, hal ini akan memicu senyawa kimia pada botol berpindah ke air minum. Dengan kata lain air minum akan terkontaminasi dengan bahan kimia yang tentu berbahaya. Maka dari itu, akan berbahaya juga jika menempatkan botol kemasan pada suhu panas. Air akan terkontaminasi oleh zat kimia yang berpindah dari botol plastik.

Air botol minum kemasan memang didesain untuk satu kali pakai saja. Jika sudah digunakan buang botol tersebut. Jika ingin mengisi ulang, sebaiknya Anda menggunakan botol berbahan stainless steel yang aman dari bahan kimia.

Baca juga artikel Waspada, Ini Bahaya Memakai Skinny Jeans.



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH