Cukup 10 Detik untuk Mengatasi Sakit Kepala Sakit kepala bisa diatasi dalam 10 detik (Foto: Pixabay/Berzin)

SAKIT kepala sudah menjadi masalah umum bagi siapapun. Biasanya berawal karena pikiran kamu yang sedang semrawut. Kamu stres dengan berbagai hal di dalam kehidupan kamu. Contohnya bisa masalah pekerjaan, hingga hubungan asmara kamu.

Tapi asal tahu, sakit kepala kamu berawal karena adanya nyeri otot bagian kepala. Di bagian kepala kamu terdapat otot bernama masseter. Letaknya di bagian pipi. Otot ini menghubungkan tulang rahang dengan tulang pipi. Gampangnya, otot ini berperan penting saat kamu mengunyah makanan.

Nah, kalau kamu sedang stres otot masseter kamu yang bermasalah. Biasanya rahang kamu mengatup seperti sedang menggigit sesuatu karena terlalu kesal dan pusing dengan masalah yang sedang kamu hadapi saat itu. Jadi otot masseter kamu mengencang dan imbasnya kamu akan mengalami sakit kepala.

Sakit kepala terjadi karena kamu memiliki banyak masalah (Foto: Pexels/bruce mars)

Rahang yang tegang memicu reaksi berantai yang membatasi otot-otot lain di kepala dan leher kamu. Termasuk suboksipital (sekelompok otot di dasar tengkorak) dan skalena anterior tengah (otot leher).

"Ketika kekuatan terlalu besar, Anda bisa mengalami sakit kepala karena tegang," jelas David Reavy, seorang ahli terapi fisik yang berbasis di Chicago. Reavy juga sudah memiliki banyak pengalaman menangani atlet NBA dan NFL.

Namun, seperti yang dilansir laman Men's Health, kamu enggak perlu terlalu mempermasalahkan sakit kepala. Karena menurut Reavy mengatasi sakit kepala itu tidak sulit. Dalam hitungan detik kamu bisa menghilangkan sakit kepala. Ya, kamu hanya butuh waktu 10 detik.

Sambil memijat otot masseter, buka rahang selebar mungkin dan tutup kembali (Foto: Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Jadi bagaimana cara mengatasi sakit kepala dalam waktu 10 detik? Caranya gampang. Letakkan jari-jari kamu pada bagian otot masseter. Pijat perlahan kemudian buka rahang kamu selebar mungkin dan langsung tutup kembali.

Lakukan cara ini beberapa kali sampai kamu merasakan pelemasan otot masseter yang tegang. "Lakukan gerakan ini beberapa kali dalam sehari," jelas Reavy.

Sahabat Merah Putih, jangan sering-sering stres ya. Lepas semua pikiran kamu, dan jalani hidup ini apa adanya. Kalau kamu sering sakit kepala lakukan cara tadi setidaknya dua kali dalam sehari. (ikh)

Baca juga: Ibu-Ibu Butuh Komunitas untuk Menghilangkan Stres

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH