Cucu Sukarno Diusung Gerindra, Ketua DPC PDIP Solo Ancam Cabut Keanggotaan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Solo resmi mengusung cucu mantan Presiden RI pertama Sukarno, Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara sebagai calon wakil wali kota (cawawali) di Pilwakot Solo 2020.

Majunya Paundra dengan partai lain membuat geram Ketua DPC PDP Solo, FX Hadi Ruyatmo, mengingat Paundra masih tercatat sebagai kader DPC PDIP Solo.

Baca Juga:

DPC Gerindra Solo Resmi Pinang Cucu Soekarno Sebagai Cawawali di Pilwakot Solo

"Saya tidak melarang dia (Paundra) maju di Pilwakot Solo dari Gerindra. Semua orang punya hak maju di Pilwkat Solo," ujar Rudy di Solo, Jumat, (22/11).

Cucu Sukarno Paundrakarna dengan Ketua DPC Partai Gerindra Solo
Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno dan Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara bertemu empat mata di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Sabtu (16/11). (Istimewa/DPC Gerindra Solo)

Rudy yang juga menjabat Wali Kota Solo ini mengungkapkan semua orang punya hak dicalonkan dan mencalonkan di Pilwakot Solo. Ia mengingatkan Paundra masih tercatat sebagai kader PDIP.

"Ya kalau maju dari partai selain PDIP secara otomatis keanggotaannya sebagai kader PDIP Solo gugur," kata dia.

Rudy mengatakan Paudra pernah menjadi anggota legislatif di DPRD Solo periode 2009-2014 dari Fraksi PDIP. Kemudian DPC PDIP melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Paundra lantaran melanggar tata tertib sebagai anggota DPRD. Paundra diketahui tidak penah datang rapat penting di DPRD.

"Ini kembali ke etika politik. Sampai sejauh ini belum ada surat pengunduran diri Paundra sebagai kader PDIP. KTA PDIP juga belum dikembalikan ke DPC PDIP," tutup Rudy.

Ketua DPC Partai Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno
Ketua DPC Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno (MP/Ismail)

Diketahui, Ketua DPC Gerindra Solo Ardianto Kuswinarno resmi mengusung cucu Presiden RI pertama Soekarno, Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara sebagai calon wakil wali kota (cawawali) di Pilwakot Solo 2020.

Baca Juga:

Gibran Bikin KTA, Ketua DPC PDIP Solo: Peluangnya Maju di Pilwalkot Sudah Tertutup

Rencananya, DPC Gerindra Solo bakal memasangkan Paundra dengan Gibran Rakabuming Raka jika nantinya mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP. Paundra adalah putra dari Sukmawati Soekarnoputeri dan KGPAA Mangkunegara IX.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputh.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Pilwakot Solo 2020, Gerindra Berhasrat Duetkan Cucu Sukarno dengan Anak Jokowi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH