Cuaca Panas Menyengat, Jangan Lupa Sunscreen Pentingnya penggunaan sunscreen untuk kulit. (Foto: Kaboompics)

KETIKA kamu diharuskan keluar rumah, penggunaan sunscreen penting banget untuk kulit loh. Pasalnya, kulit juga bisa terbakar bila terkena sinar ultraviolet (UV) yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker kulit. Sunscreen bisa ditemui dalam bentuk spray, lotion, dan lainnya.

Baca juga:

Penting, Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Memakai 'Skincare' Berbasis Vitamin

Dilansir dari American Cancer Society, paparan sinar UV dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, seperti keriput dan kulit kasar.

Sehingga siapa pun yang melakukan kegiatan di luar rumah wajib menggunakan sunscreen untuk mencegah adanya kanker kulit.

Lapisan ozon yang semakin menipis dari waktu ke waktu mengakibatkan adanya sinar ultraviolet yang masuk ke bumi semakin banyak.

Cuaca Panas Menyengat, Jangan Lupa Sunscreen
Sunscreen berguna untuk mencegah adanya flek hitam. (Foto: Pixabay)

Alasan lain mengapa menggunakan sunscreen penting adalah membantu mencegah adanya bintik-bintik atau flek hitam pada wajah serta adanya perubahan warna pada kulit.

Ketika menggunakan sunscreen, pasti kamu pernah melihat adanya kandungan sun protection factor (SPF). Ini menjadi syarat seberapa besar produk tersebut akan melindungi kulitmu dari sinar UVB.

Bila angka SPF semakin tinggi, maka akan semakin besar perlindungannya untuk kulitmu. Minimal kandungan SPF dari setiap produk sunscreen adalah SPF 15.

Baca juga:

Hindari Kebiasaan Ini saat Menyisir Rambut

Mungkin masih banyak dari kamu yang meremahkan kegunaan dari sunscreen untuk kulit. Karena tidak hanya dibutuhkan ketika berlibur di pantai, tetapi juga untuk keseharian.

Selain kandungan SPF yang melindungi paparan sinar UVB, terdapat kandungan PA atau Protection Grade of UVA. PA sendiri berguna untuk menunjukkan tingkat perlindungan sunscreen dari paparan sinar UVA, penyebab penuaan pada kulit.

Cuaca Panas Menyengat, Jangan Lupa Sunscreen
Kandungan dalam sunscreen SPF dan PA. (Foto: Pixabay)

Bila ingin mendapatkan kedua perlindang tersebut, kamu bisa mencari produk sunscreen dengan label broad spectrum.

Kemudian bagaimana dengan vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari yang mengandung radiasi sinar UVB? Pada dasarnya tubuh memang membutuhkan vitamin D yang bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan masih banyak lagi. Meski baik untuk tubuh, tetapi bila terlalu lama terpapar oleh sinar UVB juga akan merusak kulitmu. (ren)

Baca juga:

Masih Work From Home? Yuk Coba 3 Perawatan Tubuh Ini



Ananda Dimas Prasetya