Cuaca Jakarta Diperkirakan Cerah Saat Gerhana Matahari

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 09 Maret 2016
Cuaca Jakarta Diperkirakan Cerah Saat Gerhana Matahari
Seorang anak laki-laki tengah mengamati proses terjadinya gerhana di Planetarium, TIM, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (9/3). (Foto MerahPutih/Teddy Kurniawan)

MerahPutih Nasional - Warga Jakarta dapat menyaksikan peristiwa gerhana matahari 89 persen. Hal ini dikarenakan cuaca Jakarta dipastikan akan mendukung untuk melihat gerhana matahari. Hal tersebut diutarakan oleh Kasubag Planetarium Jakarta Eko Wahyu kepada merahputih.com.

"Cuaca diperkirakan cerah berawan. Dari tadi malam cuacanya cukup mendukung untuk melihat gerhana," ucapnya sambil mengontrol antrian warga di Planetarium Jakarta, Rabu (9/3).

Bukan hanya itu, Eko melanjutkan untuk wilayah Jakarta sendiri gerhana matahari akan terlihat 89 persen yang akan dimulai pada pukul 06.10 WIB.

"Untuk di Jakarta kemungkinan 89 persen matahari tertutup oleh bulan," ujar Eko.

Berdasarkan pandangan mata merahputih.com ribuan orang sudah datang ke Planetarium Jakarta sejak pukul 02.00 WIB. Ribuan orang rela datang lebih awal untuk mengantri agar mendapatkan sebuah kacamata khusus. Pihak Planetarium akan membagikan kacamata khusus kepada pengunjung. Pihak Planetarium hanya menyediakan 4.700 kacamata. 

Gerhana matahari ini akan melintasi 12 provinsi di Indonesia, tetapi gerhana matahari total hanya akan dialami di delapan kota. Peristiwa langka ini akan terulang kembali pada tahun 2046. (Yni)

BACA JUGA:

  1. Ini Tradisi Keraton Kanoman Cirebon ketika Gerhana Matahari
  2. Google Doodle Rayakan Gerhana Matahari Total
  3. Video Detik-Detik Gerhana Matahari Total 2006
  4. Tips Aman Memotret Gerhana Matahari Total
  5. Berikut Jadwal Festival Gerhana Matahari Total 9 Maret di Palembang 
#Gerhana Total #Planetarium Dan Observatorium Jakarta #Gerhana Matahari
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan