Cuaca Buruk, 21 Penerbangan di Bandara Adisutjipto Terganggu

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 28 November 2017
Cuaca Buruk, 21 Penerbangan di Bandara Adisutjipto Terganggu
Runway Bandara Adisutjipto. (Istimewa)

MerahPutih.com - Sebanyak 21 penerbangan dari dan menuju Yogyakarta hari ini terganggu akibat cuaca buruk. Hujan deras disertai angin kencang dan petir terus mengguyur wilayah Yogyakarta sejak semalam. Hal ini membuat otoritas Bandara Adisutjipto melakukan buka-tutup bandara dari pukul 09.30 WIB hingga 14.30 WIB.

Kepala Humas dan Legal Bandara Adisutjipto Liza Anindya menjelaskan akibat buka tutup ini sepuluh penerbangan ditunda, tujuh penerbangan dialihkan ke bandara lain, tiga pesawat kembali ke bandara sebelumnya dan satu pesawat yang siap terbang kembali ke ruang tunggu.

"Kami buka tutup bandara karena cuaca buruk," ujar Liza melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa (28/11).

Liza menjelaskan tujuh pesawat dialihkan ke tiga bandara yakni Bandara Adisoemarno Solo, Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

"Yang dialihkan ke Solo adalah Garuda Indonesia GA 204 rute Jakarta Yogyakarta dan Sriwijaya Sj rute Balikpapan -Yogyakarta. Sedangkan yang dialihkan ke Semarang pesawat Air Asia AK 346 Rute Kuala Lumpur -Yogyakarta," tutur dia.

Pesawat yang dialihkan ke Jakarta adalah Air Asia QZ 601 Route Kuala Lumpur - Yogyakarta, Num air NM 236 Rute Pontianak- Yogyakarta- Palembang dan AirAsia QZ 659 rute Singapura Yogyakarta-Jakarta dan Lion Air rute Balikpapan- Yogyakarta.

"Tiga pesawat yang kembali ke bandara sebelumnya adalah Air Asia QZ7 552 rute Jakarta Yogyakarta dan Batik Air ID7 531 rute Halim Perdanakusuma - Yogyakarta dan Batik Air ID 7368 tujuan Cengkareng - Yogyakarta," kata Liza.

Lima pesawat yang delay adalah Citilink QG946 rute Yogyakarta - Cengkareng, Citilink QG100 tujuan Cengkareng-Yogyakarta, Lion Air JT522 tujuan Jogja - Bandung, Xpress air XN830 rute Yogyakarta - Pontianak dan Silk air MI151 rute Yogyakarta - Singapura.

Saat ini penerbangan dari dan menuju Bandara Adisutjipto sudah kembali normal. Runway Bandara Adisutjipto sudah dibuka pada pukul 14.00 WIB. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Siklon Tropis Cempaka Pengaruhi Cuaca di Jawa Barat

#Bandara Adisucipto #Cuaca Buruk
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan