Selebritas

Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Sepak Bola Paling Berpengaruh di Instagram

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 22 September 2022
Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Sepak Bola Paling Berpengaruh di Instagram
Cristiano Ronaldo. (Foto: Instagram@cristiano)

RISET Nielsen menyatakan Cristiano Ronaldo memimpin dalam daftar pemain sepak bola berpengaruh di Instagram yang akan berlaga dalam FIFA World Cup 2022. Pemain sepak bola asal Portugal ini berhasil mengungguli Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe.

"Dengan beragam atlet paling terkenal di dunia bersaing memperebutkan hadiah utama sepak bola, Piala Dunia, tentunya akan menarik perhatian hampir satu miliar orang. Acara ini memberikan peluang unik bagi brand untuk bermitra dengan pesepakbola yang tepat untuk secara efektif melibatkan target audiens mereka," kata Managing Director of International Sport Nielsen, Marco Nazzari, dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com, Kamis (22/9).

Baca juga:

Nielsen Tambah Jumlah Pengukuran Penonton Indonesia

Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Sepak Bola Paling Berpengaruh di Instagram
Messi memiliki nilai Rp 39 miliar per unggahan. (Foto: Instagram@leomessi)


Peringkat ini didapat dari pengukuran influencer Nielsen, InfluencceScope. Dengan memanfaatkan platform ini, Nielsen mampu mengukur jumlah dan pertumbuhan followers, engagement rate, serta rata-rata brand value dari tiap post yang ada di Instagram untuk menentukan pemain mana yang dapat memberikan Social Media Value tertinggi dengan biaya tertentu.

Cristiano Ronaldo, yang telah menjadi superstar global selama hampir 20 tahun dengan bermain untuk Manchester United, Real Madrid, dan Juventus, mampu meningkatkan jumlah followers Instagramnya hingga dua kali lipat atau sekitar 47 persen dalam setahun terakhir.

Di sisi lain, penyerang Paris Saint-Germain yakni Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe berada diurutan setelah Ronaldo, masing-masing dengan nilai media rata-rata lebih dari USD 1 juta (sekitar Rp 15 miliar) per unggahan. Nilai media Messi lebih dari USD 2,6 juta per unggahan (sekitar Rp 39 miliar) dan 361 juta pengikutnya di Instagram berada di posisi kedua.

Sementara itu superstar baru dan muda dari Brazil, Vinicius Junior, yang berhasil mencetak gol kemenangan Real Madrid di final Liga Champions 2022, pengikut Instagram-nya meningkat 90 persen pada musim lalu. Menjadi pertumbuhan tertinggi dalam peringkat 10 pemain paling berpengaruh dalam riset Nielsen.

Baca juga:

Nielsen Ungkap Perubahan Gaya Hidup Masyarakat Saat Ramadan

Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Sepak Bola Paling Berpengaruh di Instagram
Vinicius Junior. (Foto: Instagram@Vinjir)

N’Golo Kante, yang baru saja memenangi Piala Dunia, Liga Champions, dan Liga Premier, memiliki engagement rate tertinggi dengan para followers-nya dalam peringkat Nielsen, yaitu 11 persen. Kante menjadi satu-satunya pemain Liga Premier Inggris yang berhasil menembus 10 peringkat teratas Nielsen.

Gelandang Barcelona dan Spanyol, Gavi adalah Breakthrough Players teratas dalam indeks Nielsen tentang kemungkinan pemain Piala Dunia, posisi Gavi berada diatas Raphinha dan Antony dari Brasil.

Gavi, yang debut di Barcelona dan Spanyol pada tahun lalu, telah meningkatkan followersnya lebih dari 5.000 persen sejak Agustus 2021 hingga mencapai 5,5 juta pengikut. Unggahannya memiliki engagement rate hampir 30 persen.

Perpindahan Raphinha dari Leeds United ke Barcelona dan transfer Antony dari Ajax ke Manchester United pada Agustus 2022, ikut mendorong kedua pemain sayap ini untuk naik dalam jajaran Breakthrough Players.

Usia muda tidak menjadi syarat utama untuk dapat masuk ke jajaran 10 besar Breakthrough Players. Hal ini terbukti dengan masuknya gelandang Argentina, Rodrigo De Paul dalam usianya yang ke-28 tahun. Rodrigo telah lima kali masuk dalam jajaran ini setelah meningkatkan jumlah followersnya pada tahun lalu hingga lima juta. Engagement ratenya memiliki nilai lebih dari 13 persen. (and)

Baca juga:

Survei Nielsen: Televisi Jadi Saluran Iklan Pilihan Brand

#Selebritas #Cristiano Ronaldo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan