SpaceX Crew-2 Pulang dari Stasiun Luar Angkasa Internasional Kapsul Crew Dragon mendarat pada Senin pukul 22.33 ET. (SciTechDaily)

EMPAT astronaut dari Crew-2 telah berhasil kembali ke bumi pada Senin 8 November 2021 malam. Mereka pulang menggunakan kapsul SpaceX Crew Dragon yang turun di Samudra Atlantik di lepas pantai Pensacola. Mereka kembali ke bumi setelah selesai bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional selama lebih dari enam bulan.

Menurut The Verge, Crew-2 beranggotakan dua astronaut NASA, yaitu Shane Kimbrough dan Megan McArthur, lalu astronaut Jepang Akihiko Hoshide dari Badan Eksplorasi Penerbangan Jepang, dan astronaut Prancis Thomas Pesquet dari Badan Antariksa Eropa. Kelompok ini diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa pada 23 April lalu menggunakan roket SpaceX Falcon 9 untuk menjalani misi bernama Crew-2.

Baca Juga:

Peluncuran SpaceX Crew-3 Ditunda Sampai 10 November

"Atas nama SpaceX, selamat datang di planet Bumi", kata pengendali penerbangan SpaceX saat Crew-2 mendarat. Personel SpaceX di kapal penyelamat menarik Crew Dragon keluar dari air dan membantu mereka keluar dari kendaraan yang telah membawa kembali ke bumi itu.

Para kru dari crew-2 (Foto: space)

Penerbangan mereka menjadi ketiga kalinya SpaceX telah berhasil membawa orang pulang dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Perjalanan ini merupakan bagian dari kontrak SpaceX dengan NASA untuk Program Kru Komersial Badan Antariksa. Program ini merupakan sebuah inisiatif ditujukan untuk perusahaan swasta yang mengangkut astronaut NASA dan mitra internasional yang ingin ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dan kembali pulang.

SpaceX telah meluncurkan kru pertamanya ke stasiun tersebut pada Mei 2020 sebagai bagian dari uji terbang dan untuk membuktikan keamanan kapsul Crew Dragon yang dipasang pada roket Falcon 9. Setelah penerbangan tersebut, misi SpaceX Crew-1 berlangsung pada November 2020, dengan empat anggota awak yang dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam rotasi waktu enam bulan.

Baca Juga:

SpaceX Kirim Semut ke Luar Angkasa

Setelah Crew-2 mendarat, SpaceX akan segera meluncurkan anggota kru berikutnya yang diberi nama Crew-3. Kru tersebut terdiri dari empat orang diantaranya astronaut NASA Raja Chari, Thomas Marshburn, dan Kayla Barron, serta astronot Jerman Matthias Maurer. Mereka akan diluncurkan pada Rabu, 10 November pukul 9 malam waktu setempat dari Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida. Kru tersebut akan menggantikan Crew-2 untuk melakukan rotasi selama enam bulan di orbit.

Kru lainnya akan berangkat ke stasiun luar angkasa. (Foto: space)

Rencana awalnya adalah Crew-3 akan diluncurkan pada 31 Oktober sebelum Crew-2 meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Tujuannya Crew-2 bisa menyambut mereka sekaligus memperkenalkan secara singkat situasi di sana serta menyerahkan tugas sebelum pulang.

Namun, misi Crew-3 mengalami mengalami banyak penundaan. Pertama ditunda karena cuaca buruk di salah satu lokasi peluncuran yang dibatalkan. Alasan kedua karena salah satu anggota kru mengalami masalah kesehatan ringan. (frs)

Baca Juga:

NASA Garap Taksi Terbang Berbasis Tenaga Listrik

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
‘Black Widow’ Tayang di Bioskop 16 September
ShowBiz
‘Black Widow’ Tayang di Bioskop 16 September

Black Widow dan film lainnya hadir di bioskop Jakarta.

'F9', Masalah Keluarga yang Belum Selesai
ShowBiz
'F9', Masalah Keluarga yang Belum Selesai

F9 akan menghadirkan masa lalu dari karakter utama seri Fast and Furious.

Yang Harus Diperhatikan Biker Jika Hujan
Fun
Yang Harus Diperhatikan Biker Jika Hujan

Sebaiknya berteduh bila hujan deras.

Tren Teknologi Jaringan Perlu Diantisipasi di 2021
Fun
Tren Teknologi Jaringan Perlu Diantisipasi di 2021

Kenali sejumlah tren teknologi jaringan yang perlu diantisipasi perusahaan pada 2021.

Serial ‘Catch 22’ Hadirkan Perang Bernuansa Komedi
ShowBiz
Serial ‘Catch 22’ Hadirkan Perang Bernuansa Komedi

Diadaptasi dari novel karya Joseph Heller.

Mengenal Queen Bee Syndrome dan Cara Mencegahnya
Fun
Mengenal Queen Bee Syndrome dan Cara Mencegahnya

Bisa jadi kamu adalah seorang queen bee.

Puasa Latih Anak Jadi Displin dan Hidup Sehat
Fun
Puasa Latih Anak Jadi Displin dan Hidup Sehat

Puasa memiliki banyak manfaat untuk anak yang tengah belajar ibadah di bulan Ramadan

Anti Mainstream, Perusahaan ini Jual Pakaian Khusus Robot
Fun
Garam Ampuh untuk Bersihkan Benda Rumah Tangga
Fun
Garam Ampuh untuk Bersihkan Benda Rumah Tangga

Garam bukan hanya untuk dikonsumsi.

Adiva Isi Soundtrack Serial 'Kisah untuk Geri'
ShowBiz
Adiva Isi Soundtrack Serial 'Kisah untuk Geri'

musisi pendatang baru Adiva kembali mengisi soundtrack sebeuah film. Kali ini Adiva akan mengisi lagu tema untuk serial 'Kisah untuk Geri' di WeTV.