Penyebab Alumnus STAN Meninggal Saat Latihan Bela Negara CPNS Bakamla

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 20 September 2022
Penyebab Alumnus STAN Meninggal Saat Latihan Bela Negara CPNS Bakamla
Coast Guard Basic Training (CGBT) Bakamla. Foto: Humas Bakamla RI

MerahPutih.com - Seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Keamanan Laut (Bakamla) Muhammad Ary Adithya Hasibuan meninggal dunia saat mengikuti Coast Guard Basic Training (CGBT). Kepala Bakamla Laksdya TNI Dr Aan Kurnia membenarkan kabar tersebut.

"Benar bahwa salah satu siswa CGBT Bakamla RI meninggal dunia saat menempuh pelatihan. Saya selaku Kepala Bakamla RI mewakili seluruh keluarga besar Bakamla RI menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Ary Hasibuan," kata Aan Kurnia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (20/9).

Baca Juga

Bakamla Gagalkan Penyelundupan 90 Ton BBM Ilegal oleh Kapal Asing di Batam

Aan menjelaskan, CGBT merupakan pendidikan dasar yang harus dilalui oleh seluruh personel yang baru bergabung dan dinyatakan lulus menempuh rangkaian tes penerimaan sebelumnya. Namun demikian, CGBT bukanlah pelatihan militer.

"Pelatihan ini lebih bernuansa pelatihan bela negara dan disesuaikan dengan porsi tupoksi Bakamla RI," jelasnya

Baca Juga

Bakamla Klarifikasi Terkait Ribuan Kapal Asing di Laut Natuna Utara

Menurut Aan, Ary bergabung dan menempuh CGBT di Sidoarjo, Surabaya bersama rekan seangkatannya. Sebelum berangkat menempuh pelatihan, serangkaian tes kesehatan pun menjadi syarat wajib untuk dilakukan.

"Hasil tes menyatakan bahwa Ary memiliki riwayat penyakit dan membutuhkan perhatian khusus. Namun demikian, Ary tetap menempuh CGBT dengan intensitas latihan yang lebih ringan dari rekan sejawatnya," lanjut Aan

Ary dibawa ke RS saat jalan mengikuti rekan seangkatannya yang sedang lari sore. Dan segera mendapatkan penanganan dari RS namun Ary setelah dirawat, kondisi semakin menurun dan meninggal malam hari.

"Hasil diagnosa dokter RSPAL, Ary meninggal karena Acute Liver Failure (gagal hati akut)," pungkasnya. (*)

Baca Juga

PT Merial Esa Segera Disidang Kasus Pembahasan Anggaran Bakamla

#Bakamla #Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan