COVID-19 Melonjak Lagi, DKI Timbang Ulang Buka Bioskop 29 Juli Ilustrasi (Foto: Unsplash/Karen Zhao)

MerahPutih.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Pemprov DKI menyatakan ada kemungkinan hiburan bioskop belum jadi dibuka pada 29 Juli 2020 karena melihat ada peningkatan kasus COVID-19 yang kian mengkhwatirkan.

"Ditunda (buka bioskop 29 Juli), bisa kemungkinan itu. Itu kan skenario emergency break. Kalau keadaannya tidak memungkinkan ya nanti ditutup lagi bisa," kata Kepala Disparekraf DKI, Cucu Ahmad Kurnia, di Jakarta, Kamis (16/7).

Baca Juga:

Masyarakat Senang Bioskop Mau Dibuka Kembali, Tapi Minta Harga Tiket tidak Naik

Sebelumnya Disparekraf telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 140 tahun 2020 tentang pembukaan bioskop. Dalam SK tersebut disebutkan maksimal penonton bioskop diwajibkan hanya 50 persen dari kapasitas.

Ilustrasi Bioskop. (Foto:https: 21cineplex.com).

Pengunjung juga wajib menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, serta menjaga jarak juga wajib dilakukan, baik oleh karyawan bioskop maupun pengunjung. Pengelola bioskop juga mengharuskan menyediakan hand sanitizer. Pengelola juga diminta untuk tidak melayani pengunjung yang datang tidak menggunakan masker.

Baca Juga:

787 Bioskop di AS dan Inggris Segera Dibuka pada 10 Juli

Dengan adanya lampu hijau dari Pemda DKI itu, Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) telah bersepakat untuk beroperasi kembali bioskop pada 29 Juli 2020 mendatang.

Lebih jauh, Cucu menjelaskan Disparekraf akan menggelar evaluasi pada 16 Juni dan hasilnya akan diumumkan sehari kemudian untuk memutuskan jadi tidaknya bioskop boleh mulai beroperasi lagi di Jakarta. Dia pun menegaskan belum memberikan izin terkait bioskop beroperasi kembali pada 29 Juli nanti atas kesepakatan GPBSI.

"Itu kalau sudah dapat izin dari kita," tegas orang nomor satu di Disparekraf DKI itu. (Asp)

Baca Juga:

Bioskop 29 Juli Dibuka, Pimpinan DPRD: Keterlaluan Amat Ini

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH