COVID-19 Belum Berakhir, Ridwan Kamil Dukung PPKM Level 3 di Libur Nataru

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 19 November 2021
COVID-19 Belum Berakhir, Ridwan Kamil Dukung PPKM Level 3 di Libur Nataru
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengunjungi monumen yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan melawan pandemi COVID-19 di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat, Kota Bandung. Foto: Biro Adpim Jabar

MerahPutih.com - Pemerintah terus berupaya mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19. Terutama jelang libur natal dan tahun baru (Nataru). Salah satunya yakni dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh wilayah Indonesia.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar akan mengikuti aturan dari pemerintah pusat jika PPKM Level 3 dijalankan. Sehingga angka kasus yang sedang landai bisa terus dipertahankan.

"Jika itu keputusan dari pemerintah pusat saya kira kita akan menyesuaikan sehingga jumlah kerumunan, jumlah kegiatan selama nataru itu bisa kita kendalikan lebih baik," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kamis (18/11).

Baca Juga:

Misa Jelang Natal di Gereja Katolik Jakarta Dilarang Lintas Paroki

Ridwan Kamil mengatakan, pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Meski saat ini, angka kasus dan keterisian tempat tidur di rumah sakit (Bed Occupancy Rate/BOR) sudah mulai melandai.

"Yang penting COVID yang sekarang sudah turun dan harus terus kita pertahankan. Jangan sampai kita euforia sehingga naik lagi di akhir tahun," jelas pria yang kerap disapa Kang Emil.

Baca Juga:

Aturan-Aturan yang Berlaku saat PPKM Level 3 Libur Natal dan Tahun Baru

Namun seluruh pihak harus tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Karena menurutnya, dalam mengendalikan COVID-19 tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja.

"Dan COVID mengajarkan tidak bisa hanya dikendalikan oleh satu daerah, tapi harus lintas daerah dan bersama-sama," jelas Ridwan Kamil.

Baca Juga:

Ihwal Ketum PBNU, GP Ansor Ingin Said Aqil Beri Ruang ke Kader NU Lain

Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum juga mengingatkan pentingnya disiplin menjalankan protokol kesehatan. Ini disampaikan Uu saat meninjau pembelajaran tatap muka di SMA Negeri 3 Depok, baru-baru ini.

Khusus kepada pihak sekolah dan anak didik, Uu mengingatkan protokol kesehatan tidak cukup di sekolah saja tapi di luar sekolah, yaitu di dalam perjalanan berangkat atau pulang dari sekolah. Prokes di rumah pun jangan sampai kendur. (ImanHa/Jawa Barat)

#COVID-19 #Kasus Covid #PPKM #Level PPKM #PPKM Darurat #PPKM Level 1-4 #Perpanjangan PPKM Darurat
Bagikan
Bagikan