Controller DualShock 4 Bisa Dipakai untuk PlayStation 5, Tapi... DualShock 4 masih bisa dipakai di PlayStation 5 namun terbatas (Foto: Twitter/geoffkeighley)

SONY telah mengonfirmasi pada 4 Agustus 2020 bahwa controller DualShock 4 akan bisa dimainkan di PlayStation 5 (PS 5). Namun, kabar menyenangkan ini tidak sepenuhnya memberi kebahagiaan bagi gamer PlayStation 4 (PS 4). Controller PS 4 bisa digunakan di PS 5, akan tetapi hanya bisa digunakan ketika memainkan games yang ada di PS 4.

Baca juga:

Simak Evolusi Controller Playstation dari Masa ke Masa

Melansir laman The Verge, controller DualShock 4 bisa digunakan di PS 5, namun tidak sepenuhnya bisa digunakan, artinya controller PS 4 itu tidak bisa jadi 'cadangan' ketika di butuhkan.

"Kamu percaya bahwa game PS5 seharusnya memanfaatkan kemampuan baru dan itu keunggulan yang dibawa untuk konsol next-gen Sony, termasuk wireless controller DualSense," Ucap Isabelle Tomaties dari pihak Sony.

Tidak hanya DualShock 4 yang hanya bisa memainkan games PS 4 di konsol game terbaru Sony. Controller pihak ketiga (bukan keluaran Sony) pun bernasib sama dengan DualShock 4.

Meski demikian, Sony tidak menyampaikan daftar games PS 4 apa saja yang bisa dimainkan di PS 5. Sony juga menambahkan bahwa perangkat lain yang diakui Sony seperti controller stir mobil, arcade, dan joystick pilot akan bisa dunakan di PS 5 namun 'terbatas' fungsinya.

Baca juga:

Mewah, PlayStation 5 Dibalut Emas 24 Karat Truly Exquisite

Sony juga pernah mengeluarkan perangkat virtual reality, camera, dan PS Move Motion. Maka, perangkat tersebut dapat digunakan juga di PS 5.

Kabar ini diumumkan Sony bersamaan dengan info seputar event live streaming State of Play yang diadakan pada 6 Agustus 2020. Sony akan mengadakan State of Play dengan durasi kurang lebih selama 40 menit, dengan fokus bahasan game baru untuk PS 4 dan PS VR, juga game indie yang akan masuk jajaran PS5.

Hingga kabar ini diumumkan, PS 5 belum memiliki tanggal rilis resmi untuk pasar global. Belakangan Sony sudah mulai gencar membagikan informasi mengenai konsol next-gen yang akan bersaing dengan Xbox Series X dari Microsoft.

PS 5 akan hadir dengan controller DualSense. Perangkat ini membawa teknologi terbaru besutan Sony, termasuk efek getar haptic feedback yang lebih halus dan tajam serta dengan tingkat sensitivitas getaran yang beragam.

Dengan adanya fitur itu, tentu Sony ingin memberikan pengalaman baru dalam bermain game yang belum pernah dirasakan gamer sebelumnya. (ray)

Baca juga:

Sony Perkenalkan Controller DualSense untuk PlayStation 5


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH