kuliner
Comfort Food untuk Bantu Jaga Stamina di Masa Pandemi Comfort food lezat dan bernutrisi (Sumber: Pixabay/bubithebear)

KENAIKAN kasus COVID-19 varian Omicron belakangan ini membuat kita semakin waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan menjaga pola hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan memilih asupan makanan yang sehat, bergizi, dan tentunya enak. Tidak hanya baik untuk tubuh, makanan yang enak dan sehat juga bisa membantu menjaga mood kamu, lho, sehingga membantu menjaga imunitas tubuh juga, apalagi di tengah situasi yang tak menentu.

Apa saja sih kira-kira comfort food yang bisa kamu nikmati di rumah? Daripada bingung, yuk simak rekomendasi comfort food terbaik versi Grab!

Baca juga:

Bikin Cepat Lapar, ini 5 Fakta Seputar Sarapan Bubur Ayam

Bubur Ayam

bubur ayam (Foto: Eat What Tonight)
bubur ayam (Foto: Eat What Tonight)

Bagi kebanyakan orang, bubur ayam menjadi menu favorit sarapan untuk memulai hari. Teksturnya yang lembut juga membuat bubur ayam menjadi pilihan makanan yang mudah dicerna ketika kondisi tubuh sedang tidak fit. Nasi yang dihaluskan menjadi bubur ini bisa mempermudah proses pencernaan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Pilihan topping bubur ayam yang beragam, dari mulai ayam suir, cakue, kacang, telur ayam, bahkan sampai topping kekinian, seperti keju dan kornet, dijamin bisa bikin perut kamu kenyang dan suasana hati jadi senang. Topping yang beragam ini juga menambah kandungan nutrisi seimbang dari bubur ayam, seperti ayam suwir dan kacang kedelai untuk asupan protein. Eits! Jangan lupa untuk pakai sambal secukupnya agar perut tetap nyaman setelah menyantap bubur ayam.

Overnight Oatmeal

overnight oat
Overnight oat (Foto: Pixabay/bubithebear)

Kalau bubur ayam jadi pilihan gurih untuk memulai hari, overnight oatmeal bisa jadi alternatif untuk kamu yang lebih suka makanan manis, nih. Teksturnya yang lembut dan pilihan berbagai topping buah maupun biji-bijian dijamin bikin kamu makin sehat, deh.

Cara membuatnya juga mudah, kamu cukup rendam oatmeal dengan susu dan diamkan semalaman di kulkas. Pagi harinya, tambahkan buah favorit dan madu sebagai pemanis. Oatmeal kaya akan serat dan baik untuk mengontrol kadar kolesterol. Kombinasi topping buah-buahan dan madu yang kaya antioksidan juga akan akan memenuhi asupan vitamin mu untuk memulai hari. Pilihan menu sarapan yang praktis, bukan?

Baca juga:

Beragam Makanan Olahan Sagu Terkenal dari Sulteng

Wedang Ronde

wedang
Wedang ronde (Foto: Grab Indonesia)

Makanan rumahan yang hangat dan berkuah selalu bisa bawa hati jadi lebih tenang, tak terkecuali wedang ronde. Makanan ini terdiri dari bola-bola berbahan tepung tapioka dengan isian manis, dan kuah yang terbuat dari sari jahe dan gula aren. Kombinasi jahe yang bermanfaat untuk mengurangi inflamasi di tubuh serta bola-bola yang kaya akan karbohidrat ini pastinya enak banget buat bikin bikin badan kamu tetap hangat di musim hujan seperti ini.

Comfort food yang satu ini juga tetap bisa bikin kamu kenyang karena bola-bola manisnya terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang. Sangat cocok untuk camilan di tengah hari yang sibuk atau mungkin penghangat di saat cuaca sedang tidak bersahabat.

Sop Buntut

sop buntut
Sup buntut (Foto: Flickr)

Buat kamu yang senang olahan daging berkuah, sop buntut bisa jadi pilihan comfort food setelah hari yang melelahkan. Asupan protein dari daging serta wortel dan kentang sebagai pelengkap sayuran jadi menu yang cocok untuk mengisi energimu kembali!

Ditemani semangkuk nasi hangat, sop buntut sangat cocok dinikmati bersama keluarga sebagai menu makan malam bersama yang mengenyangkan. Tak hanya menghangatkan perut, tapi juga menghangatkan suasana di rumah.

Green Smoothie

smoothies
Green smoothies (Foto: Pixabay/toni cuenca)

Comfort food umumnya identik dengan guilty pleasure yang datang dari makanan-makanan tidak sehat, seperti menu makanan cepat saji, ataupun makanan yang digoreng. Untuk itu biasanya orang mencari detoks seperti green smoothie untuk mengurangi kandungan yang kurang baik dalam tubuh.

Smoothie dari pilihan buah dan sayur yang kaya akan antioksidan, seperti apel dan sayuran hijau, bisa jadi pilihan comfort food baru kamu untuk memulai hari atau menutup hari dengan mood yang baik. Minuman ini mengandung asupan serat yang cukup yang dapat memastikan kamu tetap terhidrasi, terutama setelah bekerja berjam-jam dan lupa minum air putih. (Avia)

Baca juga:

Tolak Ukur Untung Rugi Makan Makanan Cepat Saji!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Syarat Harus Dipenuhi Bagnaia agar Juara Dunia MotoGP 2022 Australia
Fun
Diet Yoyo dan Dampaknya Bagi Kesehatan
Hiburan & Gaya Hidup
Diet Yoyo dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Diet yoyo tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Folikulitis, Penyakit Gatal pada Kulit Kepala dan Kerontokan Rambut
Fun
Folikulitis, Penyakit Gatal pada Kulit Kepala dan Kerontokan Rambut

Gatal yang terus-menerus dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Japandi, Tren Desain Interior Bergaya Campuran Jepang dan Skandinavia
Fun
Japandi, Tren Desain Interior Bergaya Campuran Jepang dan Skandinavia

Tren interior ala Japandi semakin banyak dilirik.

Seribu Kopi Gratis untuk Pengendara Ojek Online
Fun
Seribu Kopi Gratis untuk Pengendara Ojek Online

Seribu cup kopi gratis bagi ojek online,

Balapan Pekan Ini, Ada MotoGP di San Marino dan Formula 1 di Belanda
Hiburan & Gaya Hidup
Balapan Pekan Ini, Ada MotoGP di San Marino dan Formula 1 di Belanda

Mampukah Fabio Quartararo dan Max Verstappen perlebar jarak di klasemen masing-masing?

Cacing Berkepala Martil, Berbisa dan Berbahaya
Fun
Cacing Berkepala Martil, Berbisa dan Berbahaya

Cacing berwarna coklat dengan tubuh memanjang dan berkepala pipih berbentuk martil atau palu.

John Sabet Gelar Juara IBrC 2022
Fun
John Sabet Gelar Juara IBrC 2022

John akan bertanding di kompetisi kopi tingkat dunia.

Kimberly dan Juri Pamer Kemampuan di Street Fighter 6
Fun
Kimberly dan Juri Pamer Kemampuan di Street Fighter 6

Tampil lebih memukau dengan efek grafitti.

Ariel NOAH Jadi Reviewer di YouTube
ShowBiz
Ariel NOAH Jadi Reviewer di YouTube

Kegiatan YouTube Ariel Noah dilakukan untuk mengisi waktu luang.