Kesehatan
Indonesia Ikut Tarik Peredaran Cokelat Telur Kinder karena Mengandung Salmonella Cokelat kinder diketahui mengandung salmonella. (Foto: kinder)

SETELAH ditarik dari Inggris dan Singapura, kini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia untuk sementara akan menghentikan peredaran semua produk merek Kinder. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan akibat dugaan penyebaran bakteri Salmonella yang ditemukan pada makanan anak-anak itu di Inggris beberapa waktu lalu.

Penghentian peredaran ini juga dilakukan seiring dengan proses pengujian random sampling di seluruh wilayah Indonesia terhadap produk merek Kinder yang telah terdaftar di BPOM. "Badan POM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella," tulis BPOM dalam keterangan tertulis, Senin (11/4).

Baca Juga:

Banyak Bakteri Baik dalam Dua Potong Tempe

Badan POM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Produk Kinder yang ada di Indonesia sebenarnya berbeda dengan produk yang tersebar di Inggris dan sejumlah negara Eropa lainnya. Produk merek Kinder yang terdaftar di BPOM berasal dari India dengan nama varian produk antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls. "Produk tersebut diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD," kata BPOM.

Sementara produk yang ditarik di Inggris dan negara Eropa lainnya sesuai dengan peringatan publik yang diterbitkan oleh Food Standard Agency/FSA adalah produk cokelat merek Kinder Surprise dalam kemasan tunggal 20 gram dan kemasan isi tiga, dengan batas tanggal kedaluwarsa 7 Oktober 2022.

Produk Kinder yang beredar di Indonesia berasal dari India. (Foto: Kinder)

Negara-negara itu juga memperluas penarikan produk terhadap Kinder Surprise kemasan 100 gram, Kinder Mini Eggs kemasan 75 gram, Kinder Egg Hunt Kit kemasan 150 gram, dan Kinder Schokobons kemasan 200 gram dengan tanggal kedaluwarsa 20 April 2022-21 Agustus 2022.

"Semua produk cokelat Kinder diproduksi oleh Ferrero N.V/S.A di Belgia. Keseluruhan produk cokelat merek Kinder yang ditarik tersebut tidak terdaftar di Badan POM," terang BPOM.

Badan POM juga meminta masyarakat agar segera melapor jika menemukan produk cokelat merek Kinder yang tidak terdaftar di Badan POM. "Bisa melalui Contact Center HALOBPOM atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia," imbaunya.

Dilansir Channel News Asia, Singapore Food Agency (SFA) mengungkapkan penarikan cokelat kinder suprise dari Singapura pada Rabu (6/4). SFA mengumumkan penarikan cokelat favorit anak-anak itu dalam range yang lebih luas. Ada beberapa tambahan cokelat kinder yang ditarik adalah Kinder Mini Eggs, Kinder Egg Hunt Kit dan Kinder Surprise Maxi dari Belgia.

Baca Juga:

Sarang Bakteri, Ini Cara Aman Saat di Toilet Umum

Produk yang dicurigai terkontaminasi memiliki tanggal best before antara 20 April dan 21 Agustus 2022. SFA mengatakan penarikan terbaru mengikuti peringatan penarikan yang dikeluarkan oleh Otoritas Keamanan Pangan Irlandia untuk produk karena kemungkinan adanya salmonella, bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan seperti demam, kram perut dan diare.

Salmonella adalah jenis bakteri yang seringkali menyebar lewat makanan. (Foto: Unsplash/CDC)

Salmonella adalah jenis bakteri yang seringkali menyebar lewat makanan. Infeksi bakteri ini dalam makanan tak bisa dicium, dilihat, atau dirasakan. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi Salmonella disebut salmonellosis.

Melansir laman WebMD, penyebar salmonella adalah daging yang mentah atau kurang matang, buah mentah atau sayur, susu unpasteurisasi dan dairy product lain, telur mentah atau belum matang, dan makanan yang diproses. Salmonellosis adalah penyakit bakteri umum yang mempengaruhi saluran usus. Bakteri Salmonella biasanya hidup di usus hewan dan manusia dan dikeluarkan melalui feses. Manusia paling sering terinfeksi melalui air atau makanan yang terkontaminasi.

Gejala infeksi Salmonella ini terkadang sering tak terdeteksi. Namun beberapa orang lainnya mengalami diare, demam, dan kram perut dalam waktu delapan sampai 72 jam. Kebanyakan orang sehat sembuh dalam beberapa hari tanpa pengobatan khusus. Masa inkubasi berkisar dari beberapa jam hingga dua hari. Sebagian besar infeksi salmonella dapat diklasifikasikan sebagai flu perut (gastroenteritis). Tanda dan gejala infeksi Salmonella termasuk:

- Mual

- Muntah

- Kram perut

- Diare

- Demam

- Panas dingin

- Sakit kepala

- Darah dalam tinja yang sering disebut menjadi gejala infeksi Salmonella.

(dgs)

Baca Juga:

Louis Vuitton Produksi Masker Wajah untuk Lawan COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menpora Kunjungi Lokasi Pelatnas Esports SEA Games 2021
Fun
Menpora Kunjungi Lokasi Pelatnas Esports SEA Games 2021

Menpora berharap para atlet bisa membawa pulang emas di SEA Games 2021 Hanoi.

1500 Bahasa akan Hilang di 2100
Fun
1500 Bahasa akan Hilang di 2100

Ada beberapa faktor membuat ribuan bahasa berpotensi hilang.

Tesla Menunda Kembali Perilisan Cybertruck
Fun
Tesla Menunda Kembali Perilisan Cybertruck

Belum ada tanggal pasti kapan Cybertruck rilis.

Razor Burn, Masalah Kulit Umum pada Pria Klimis
Hiburan & Gaya Hidup
Razor Burn, Masalah Kulit Umum pada Pria Klimis

Timbul akibat gesekan terus-menerus antara kulit dan pisau cukur.

Hadirnya Orang Ketiga di Noktah Merah Perkawinan
ShowBiz
Hadirnya Orang Ketiga di Noktah Merah Perkawinan

Nokta Merah Perkawinan tayang September 2022.

Clubhouse Meluncurkan Fitur 'In-Room Chat'
Fun
Clubhouse Meluncurkan Fitur 'In-Room Chat'

Fitur yang memungkinkan pengguna melakukan chat dalam ruang diskusi.

Berkah Night Owl yang Produktif Kala Malam Tiba
Fun
Berkah Night Owl yang Produktif Kala Malam Tiba

bagi sebagian orang mereka jauh lebih produktif ketika malam hari.

Scoring Musik Film 'Sri Asih' akan Dirilis secara Digital
ShowBiz
Scoring Musik Film 'Sri Asih' akan Dirilis secara Digital

Digubah oleh Aghi Narottama, Bemby Gusti, dan Tony Merle.

Piala Presiden Lahir karena Kekosongan Kompetisi
Fun
Piala Presiden Lahir karena Kekosongan Kompetisi

Karena sanksi FIFA, maka lahirlah Piala Presiden.

Ketahui Lebih Lengkap Asuransi Perjalanan untuk Pasien Kanker
Fun
Ketahui Lebih Lengkap Asuransi Perjalanan untuk Pasien Kanker

Bagaimana menemukan polis asuransi perjalanan kanker terbaik untuk penderita kanker.