Cokelat Bisa Timbulkan Alergi?

Rendy NugrohoRendy Nugroho - Rabu, 24 Desember 2014
Cokelat Bisa Timbulkan Alergi?

MerahPutih Kesehatan - Walaupun alergi cokelat jarang terjadi, namun belum banyak penelitian yang mengadakan studi lebih lanjut pada mereka yang memiliki alergi cokelat. Namun demikian, alergi terhadap makanan dapat terjadi, saat sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi protein tertentu yang dianggap berbahaya bagi tubuh.

Satu gejala umum dari alergi cokelat adalah sakit kepala atau migrain. Gejala lain yang sering terjadi adalah masalah pada kulit, seperti gatal atau pembengkakan pada mulut, lidah, bibir, reaksi kulit seperti eksim, gatal-gatal, pembengkakan, dan kemerahan pada wajah.

Adapun gejala gastrointestinal, seperti sakit perut, mual, muntah, dan diare. Selain itu bisa timbul gejala pernapasan, seperti pilek, hidung tersumbat, batuk, bersin, dan kesulitan bernapas. Hingga gejala kardiovaskular, seperti penurunan tekanan darah, ringan, dan pingsan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut setelah makan cokelat, bisa jadi ini tidak mengindikasikan bahwa Anda alergi terhadap cokelat. Perlu diketahui, alergen makanan yang paling umum biasanya berasal dari susu, telur, kacang-kacangan, dan gandum.

Ada kemungkinan bahwa cokelat yang Anda makan berisi lebih dari satu dari bahan-bahan tersebut. Dan Anda sebenarnya bisa mengidap alergi terhadap salah satu atau beberapa bahan lain yang terdapat pada makanan cokelat olahan tersebut.

Satu-satunya cara untuk mengonfirmasi adanya alergi cokelat adalah dengan menjalani tes alergi. Seperti dikutip dari Howstuffworks, Rabu (24/12/2014).

#Cokelat
Bagikan
Ditulis Oleh

Rendy Nugroho

Bagikan