Cocok Dimakan Saat Sahur dan Berbuka, Ikan Sarden Kaya Manfaat Ikan sarden ternyata menyimpan banyak manfaat. (foto: pexels/pixabay)

IKAN sarden terkenal karena banyak kontroversi yang mengikutinya. Namun, di balik semua itu, ternyata ikan sarden punya banyak manfaat. Selain itu, ikan ini juga mudah diolah. Bisa ditumis, dibakar, hingga digoreng bersama bawang dan cabai.

Nah, buat kamu yang masih ragu, berikut manfaat mengonsumsi ikan sarden.

1. Memperkuat Tulang

man
Sarden kaya akan kalsium yang menguatkan tulang. (foto: pixabay/panthersohi)


Seperti halnya ikan lain, sarden kaya akan kalsium. Nutrisi itu amat cocok untuk menguatkan tulangmu. Terlebih jika kamu beraktivas lebih saat Ramadan.


2. Memperkuat Sistem Imunitas

body, woman
Minyak dalam sarden menguatkan imun tubuh. (foto: pixabay/head54)

Sarden kaya akan minyak. Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa minyak dalam sarden amat baik untuk menjaga imunitas tubuh.


3. Antioksidan

eating
Selenium dalam sarden berfungsi sebagai antioksidan. (foto: pexels/pixabay)


Buat kamu yang mengalami kekurangan mineral, sarden bisa menolongmu. Ikan sarden mengandung selenium. Hal itu amat cocok untuk kamu yang sedang kekurangan mineral.

Selenium juga memiliki banyak manfaat, seperti membantu fungsi otak, menambah sistem kekebalan, dan sebagai antioksidan dalam tubuh dan metabolisme hormon tiroid.

4. Mencerahkan Kulit

skin
Sarden juga berperan untuk kulit sehat. (foto: Google+)


Siapa sangka, lemak dalam sarden ternyata punya peran khusus untuk kulitmu lho! Ternyata mengonsumsi sarden akan membantumu mendapatkan kulit cerah nan bersinar.

5. Mengurangi Penggumpalan Darah dalam Tubuh

beach
Kandungan omega-3 dalam sarden baik untuk jantung. (foto: pexels/pixabay)

Jika kamu memiliki masalah pada jantung kamu, cobalah konsumsi sarden. Sarden kaya akan omega-3 yang akan mengurangi kolestrol dan tekanan darahmu. Omega-3 juga mengurangi risiko dirimu terkena stroke dan atherosclerosis.

Jadi jangan ragu makan ikan sarden ya.(dnz)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH