Coba Wisata Alam Lombok, Kamu Pasti Ketagihan! Lombok memberikan sajian atraksi wisata alam yang mempesona. (Foto: ivacanza)

LOMBOK kerap disamakan dengan Bali. Jika Bali menawarkan berbagai kegiatan rekreasi, Lombok justru menawarkan keasrian alam pedesaan seperti pantai, air terjun, atau desa-desa tradisional. Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Lombok adalah Pantai Sengigi dan Gili Trawangan. Tak hanya pantai, Lombok memiliki sejumlah wisata alam tersembunyi yang bisa di eksplorasi. Berikut wisata tersembunyi di Lombok:

1. Taman Wisata Pusuk Sembalun

pusuk sembalun
Panorama gunung yang mempesona. (Foto: Wisata Lombok)

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi para pendaki gunung adalah Gunung Rinjani. Bagi kalian yang tak suka mendaki gunung, kalian tetap bisa menikmati keindahan Gunung Rinjani dari Taman Wisata Pusuk Sembalun. Di sana kita bisa menikmati pemandangan pegunungan lengkap dengan kabut dan awan tanpa aktivitas berat. Di sepanjang perjalanan, mata kita dimanjakan panorama alam yang menakjubkan seperti hutan yang indah, perbukitan, sawah dan juga kebun stroberi. Letih dengan berjalanan, kita bisa beristirahat sejenak di gazebo.

2. Bukit Pergasingan

bukit pergasingan
Dapat melihat kota dan pegunungan sekaligus. (Foto: Giant Tour and Travel)

Pemandangan Gunung Rinjani juga bisa kita lihat dari Bukit Pergasingan. Bukit Pergasingan kerap dijadikan rute alternatif bagi para pendaki yang ingin ke Gunung Rinjani. Tak hanya Gunung Rinjani, di bukit yang berada di Desa Sembalun, Lombok Timur tersebut mata kita dimanjakan dengan pemandangan kota Lombok. Petak-petak sawah yang tersusun rapi berwarna warni terlihat begitu cantik dilihat dari ketinggian. Apabila ingin berkunjung ke sana, siapkan tenaga dan waktu ekstra. Perjalanan memakan waktu 4 jam dari pusat kota Lombok.

3. Tanjung Bloam

tanjung bloam
Karang dan tebing menjadi pesona disini. (Foto: kesiniaja)

Ingin menikmati air namun bosan dengan pantai? Berkunjunglah ke Tanjung Bloam. Tanjung Bloam beralamat di Jalan Pantai Bloam, Tanjung Ringgit, Jerowatu, Kabupaten Lombok Timur. Tempat ini juga bisa dijadikan pilihan jika kalian ingin liburan yang eksklusif. Lokasinya yang agak tersembunyi membuat Tanjung Bloam belum banyak diketahui orang. Di sana kita disambut pemandangan spektakuler berupa batu karang gelap dan tebing berwarna emas yang terlihat kontras di perairan yang jernih. Kita akan melihat tebing yang mengapit air. Batu karang yang berada di luar garis pantai menambah eksotisme tempat tersebut. Bagi pecinta olahraga ekstrem, Tanjung Bloam menawarkan serunya berenang dan berselancar di gelombang yang sangat menantang. Kita bahkan bisa berenang dengan penyu karena Tanjung Bloam merupakan kawasan Konservasi Penyu. Gunakan sepatu yang kokoh karena jalan menuju tebing berbatu dan licin.

4. Tanjung Poki

tanjung poki
Terdapat blowhole disini. (Foto: gotravelly)

Lombok juga memiliki Tanjung Poki yang keindahannya tak perlu diragukan lagi.Poki yang berada di Sekaroh, Lombok Timur. Tanjung Poki adalah tanjung yang terletak di antara Pulau Batumilalang dan Repokbaru. Keindahan Tanjung Poki membuat para pengunjung menjulukinya Air Mata Malaikat. Gelombang di tempat tersebut sangat besar sehingga menciptakan efek blowhole. Begitu besarnya hingga bisa mencapai ketinggian di atas 10 meter atau setara dengan gelombang tsunami. Besarnya gelombang tersebut membuat kawasan ini tidak cocok untuk berenang. Meski demikian, kita masih bisa memancing karena Tanjung Poki biasa dijadikan tempat kompetisi memancing.

5. Taman Wisata Sesaot

sesaot
Merupakan kawasan hutan lindung. (Foto: Dinas Pariwisata Lombok)

Taman Wisata Sesaot terletak 5 km dri kuil Suranadi, desa Sesaot. Sesaot merupakan kawasan hutan lindung dimana 57% alamnya masih sangat natural. Kawasan hutan lindung yang terletak di Desa Sesaot, Sunadai, Kecamatan Narmada, Lombok Barat tersebut terbagi menjadi tiga bagian yakni hutan primer, sekunder dan budidaya. Di sana kita bisa melihat lebih dari 40 mata air alami mengalir melalui berbagai sudut di hutan tersebut. Air yang bersumber dari Gunung Rinjani tersebut dianggap sakral oleh masyarakat Suku Sasak. Tak puas hanya berjalan-jalan, kita bisa menginap dengan membuat kemah di tengah hutan. Jika kalian menginap, kalian akan disambut kicauan burung di pagi hari. Kalian tak perlu khawatir kelaparan, di Taman Wisata Sesaot terdapat berbagai macam makanan mulai dari sate bulayak, ayam taliwang dan makanan khas Lombok lainnya. Hanya dengan mengeluarkan uang Rp2000 kalian bisa merasakan sensasi alam yang menawan di Lombok. (avia)

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH