Fashion

Coba Gaya Jam Militer, Enggak Kalah ‘Stylish’!

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 23 April 2019
Coba Gaya Jam Militer, Enggak Kalah ‘Stylish’!
Jam tangan yang dipakai oleh para tentara disukai oleh publik. (Foto: Pexels/Pixabay)

BERNIAT ganti gaya jam tangan? Mengapa enggak coba gaya militer? Jam militer dibuat untuk memenuhi kebutuhan tentara. Jam tangan untuk tentara haruslah tangguh dan akurat. Berbekal dua konsep itu, jangan ragu untuk mengadaptasi gaya militer yang sesungguhnya.

Menurut laman fashionbeans, saat ini kebutuhan jam tangan untuk tentara tak hanya memnuhi unsur tangguh, akurat, tahan dan kedap air, namun juga harus terlihat bergaya. Jam tangan ini tentunya juga harus tahan dalam kondisi cuaca apapun, juga tahan terhadap magnetik dan elektro statis.

Meskipun era digital sebenarnya sudah memberikan kemudahan di ujung jari, namun agaknya ada nilai-nilai konservatif yang harus dipertahankan. Jam tangan adalah salah satunya dan selalu melekat pada diri seorang tentara. Ketangguhan jam tangan ini meskipun bisa jadi kalah stylish dengan jam tangan lainnya, namun tetap menjadi incaran penyuka jam.

Traser P66 Automatic Pro

jam tangan
Traser P66 Automatic Pro (Foto: fashionbeans)


Jam tangan ini masuk ‘dinas militer’ Amerika di tahun 1989. Militer Amerika tertarik dengan trigalight yakni teknologi swa pencahayaan iluminasi yang ditemukan oleh pendiri pabrik jam ini, Oskar Thüler. Desainnya yang sederhana namun stylish, kemudian mudah untuk membaca jarum jam, kedap air sampai 300 meter dan yang utama adalah sinar trigalight yang bekerja selama 24 jam tanpa butuh bantuan penyinaran. Jam tangan ini dibanderol dengan harga Rp11 juta lebih.

Bremont Argonaut

jam tangan
Bremont Argonaut. (Foto: fashionbeans)


Jam tangan ini dipakai oleh angkatan laut Inggris, Bremont resmi bermitra dengan kementrian pertahanan untuk menyuplai kebutuhan jam tangan personilnya. Sekedar info dalam militer Inggris ada dua jam tangan resmi yang menjadi bagian kebutuhan tentaranya. Untuk angkatan darat dengan merk Broadsword dan RAF (angkatan udara Inggris) memakai Arrow.

Jam tangan ini memang didesain untuk kebutuhan kegiatan air yang dekat dengan angkatan laut, terutama penyelaman. Berbeda dengan jam tangan lainnya, jam ini memiliki inner rotating sehingga membuat jamnya lebih streamline. Jam yang dijual dengan harga Rp51 juta ini terlihat sangat elegan dipakai dalam kesempatan formil.

Omega Seamaster 300

jam tangan
Omega Seamaster 300. (Foto: fashionbeans)


Jam tangan ini jadi dambaan semua orang. Tak hanya para tentara dan agen-agen keamanan mengincar jam tangan ini. Omega Seamaster 300 memang diperuntukan bagi lelaki tangguh seperti agen rahasia 007. Militer Inggris sempat menjadikan jam tangan resi di tahun 1967 sampai 1971 untuk angkatan laut dan darat. Generasi pertama (CK2913-1) jam ini dibuat dalam dua versi, dengan dan tanpa tanggal. Jam tangan ini dijual dengan harga lebih dari Rp131 juta.

Timex Expedition Ranger Solar

jam tangan
Timex Expedition Ranger Solar. (Foto: fashionbeans)


Angkatan darat Amerika menjadikan jam tangan ini seperti ‘resmi berdinas’ sejak tahun 1990an. Hampir sebagian besar personil angkatan darat Amerika memakai jam tangan ini. Sangat populer karena ketangguhannya dan pengisian daya mandiri dengan tenaga matahari. Harganya sangat terjangkau hanya Rp1,6 juta.

Hamilton Khaki Field Mechanical

jam tangan
Hamilton Khaki Field Mechanical. (Foto: fashionbeans)


Sejak perang dunia kedua, pabrik jam tangan ini sudah menyuplai kebutuhan jam untuk angkatan laut Amerika. Pada waktu itu, produsen Hamilton merilis sekitar 10 ribu jam tangan untuk para pelaut Amerika itu. Pabrik yang ada di Pennsylvania itu juga memproduksi 1 juta jam tangan untuk kebutuhan tentara lainnya. Ketangguhan jam tangan ini sudah terbukti melewati kelembaban tropis, salju, hujan dan lumpur. Versi milenial ini memiliki DNA dari produksi sebelumnya dan dijual dengan harga Rp7 juta.


Vertex MP45

jam tangan
Vertex MP45. (Foto: fashionbeans)

Pabrik jam tangan ini sempat mengalami kegagalan ketika memproduksi jam tangan untuk kebutuhan militer pada akhir perang dunia kedua. Sayangnya mereka tidak berhasil memenuhi kebutuhan suplai yang diminta oleh kementrian perang waktu itu. Saat ini Vertex masih memproduksi jam tangan dengan ketangguhan seperti masa lalu namun tak meninggalkan gaya kekinian. Tak mengherankan bila dilepas dengan harga Rp63 juta.

Longines Heritage Military COSD

jam tangan
Longines Heritage Military COSD. (Foto: fashionbeans)

Pasukan lintas udara Inggris memakai jam tangan ini selama perang dunia kedua berlangsung. Jam ini dibuat khusus untuk negara-negara yang memiliki jejak militer yang bagus. Meskipun terlihat sama dengan jam tangan lainnya namun ada bagian-bagian yang terasa berbeda. Angka penunjuk 24 jam terbagi dalam dua warna, kemudian talinya terbuat dari kulit buaya dengan jahitan benang putih dan dibungkus dengan stainless steel setebal 40 mm. Harga yang dipasang lebih dari Rp20 juta.


Panerai Radiomir California 47mm

jam tangan
Panerai Radiomir California 47mm. (Foto: fashionbeans)


Angkatan laut Italia menggunakan jam tangan brand ini untuk perlengkapan dasarnya. Kemudian pasukan kataknya membutuhkan jam tangan yang lengkap mumpuni lagi maka lahirlah Radiomir yang dipakai di tahun 1936. Jam tangan ini menjadi salah satu dari produk terbaik yang dibuat oleh Panerai. Harga untuk jam tangan ini sekitar Rp120 juta.

Casio G-Shock Ref. GA-150-1AER

jam tangan
Casio G-Shock Ref. GA-150-1AER. (Foto: fashionbeans)


Salah satu jam tangan yang disukai oleh para tentara karena ketangguhannya. Desain Hollow Core Guard Structure memungkinkan mesin tidak akan terpengaruh oleh benturan dan getaran. Juga dilengkapi dengan perisai yang berfungsi melindungi jam dari medan magnet. Bahkan dapat dipakai menyelam hingga kedalaman 200 meter. Belum cukup? Jam ini dilengkapi dengan alarm lima waktu, jam dunia dan timer. Cukup dengan Rp2 juta seseorang sudah dapat memakainya di tangan.

Breitling Aerospace Evo

jam tangan
Breitling Aerospace Evo. (Foto: fashionbeans)


Jam tangan ini sangat populer di kalangan milter Inggris sejak pertama kali dirilis di tahun 1985. Jam tangan ini mengekspresikan pada orang lain kalau pemakainya adalah orang penting yang tengah menjalankan misi utama. Jam ini digadang-gadang memiliki akurasi 10 kali lebih baik ketimbang jam quartz sejenis. (psr)

#Jam #Militer
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan