Clique de Mayo Hadirkan Cita Rasa Meksiko di Tangerang Suasana Clique de Mayo yang diadakan outdoor di Clique Kitchen and Bar, Gading Serpong, Tangerang, Sabtu (20/5). (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Cinco de Mayo, atau yang dalam bahasa Spanyol berarti tanggal 5 Mei, merupakan perayaan kemenangan pasukan tentara Meksiko dari pasukan Prancis dalam pertempuran Puebla.

Masyarakat Meksiko biasanya merayakannya setiap tanggal 5 Mei dengan parade, makanan, minuman, dan dansa.

Terinspirasi dari perayaan tersebut, Clique Kitchen and Bar mengusung konsep 'Clique de Mayo' untuk menghadirkan cita rasa Meksiko di Tangerang.

“Sebenarnya ini acara reguler tahunan di Clique. Ini sudah acara yang kedua. Lebih banyak ambil konsep diskon, jadi kita buat menu dan buat diskonnya,” ujar Ribka Anastasia selaku Marketing Manager Clique Kitchen and Bar.

Berbeda dengan tahun lalu, acara tahun ini dibuat khusus dan outdoor. Acara terbuka untuk umum. Total ada delapan jenis minuman dan tiga jenis makanan yang bisa dibeli oleh pengunjung yang hadir pada Sabtu (20/5) mulai pukul 17.00 WIB. Harga minuman berkisar dari Rp150 ribu-Rp300 ribu, sementara makanan Rp55 ribu-Rp70 ribu.

Mexicaria, salah satu minuman campuran alkohol khas Mexico yang disajikan di Clique De Mayo. (Foto: MP/ Rizki Fitrianto)

Untuk minumannya, mereka menyajikan berbagai jenis minuman dengan campuran alkohol. Menu favoritnya adalah Mexicaria yang berisi campuran jeruk, leci, apel, dan stroberi dengan tequila, vermouth Italia, sirup rose, dan anggur putih.

Khusus minuman tersebut, tersedia paket seharga Rp300 ribu dan pembeli bebas menambah sepuasnya (free flow). Selain itu, ada pula Rosca De Rita, Jalisco Mojito, dan Margarita Cocktail.

Untuk makanannya, ada Chicken Chimichangas, Beef Tacos, dan Beef Bean & Cheese Burito. Ciri khas dari ketiga kudapan tersebut kulitnya menggunakan flour tortilla dengan pilihan saus sour cream, tomataco atau salsa serta guacamole atau avocado. Sour cream merupakan campuran krim dan lemon. Tomataco atau salsa kombinasi dari tomat, cabai rawit, daun ketumbar, lemon, lada, dan garam. Guacamole ialah alpukat yang dihancurkan.

Beef Bean & Cheese Burito, yang berisi paprika merah dan hijau, kacang merah, daging giling, selada, dan salsa (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Dipilih budaya terutama makanan Meksiko karena rasa Mexican itu yang masih masuk ke lidah orang Indonesia.

Dengan rasa dasar pedas, rasa tersebut ‘masuk’ dan bisa dimakan banyak orang Indonesia.

Pelaksanaannya pun pada bulan Mei, mengikuti Cinco de Mayo yang diadakan tanggal 5 Mei di tempat asalnya.

"Tahun depan maunya lebih banyak booth dan stall, agar yang datang bisa benar-benar tahu dan merasakan makanan Mexican seperti apa,” pungkas Ribka.

Baca juga: Ardina Rasti: Jajal DJ, Tetap Eksplorasi Akting



Irene Gianov

LAINNYA DARI MERAH PUTIH