Ciuman di Bibir, Senjata Rahasia untuk Awet Muda Ciuman di bibir membuat tetap awet muda. (foto: pixabay/Stocksnap)

SETIAP pasangan punya cara tersendiri mengungkapkan kasih sayang. Salah satu ungkapan kasih yang umum ialah kecupan di bibir. Faktanya, kecupan di bibir memang bisa memperkuat hubungan antardua sejoli. Tak hanya baik buah relationship, ciuman di bibir ternyata punya manfaat buat kesehatan tubuh.

Seperti dikutip Alodokter, ciuman di bibir memperkuat hubungan asmara. Itu juga membuat kamu merasa makin terhubung dengan pasangan baik secara fisik maupun emosional. Kesehatan emosional itulah yang kemudian 'menjalar' dan membuat tubuhmu juga mendapat manfaat dari ciuman.

BACA JUGA: Kenali Hubungan Traveling dengan Kesehatan Jiwa


1. Meredakan stres

couple
Menggantikan hormon stres dengan oksitosin. (foto: pixabay/free-photos)

Ketika stres, coba cium pasanganmu. Setelahnya, kamu pasti akan merasa jauh lebih tenang. Ya, berciuman memang bisa mengurangi ketegangan dan rasa cemas yang disebabkan hormon stres kortisol. Saat berciuman, hormon tersebut akan berkurang dan tergantikan oleh hormon yang bisa membuatmu merasa lebih baik, yaitu hormon oksitosin.

Ciuman yang lembut bisa melepas zat kimiawi yang berdampak baik pada otak sehingga bisa meredakan sakit kepalamu.

2. Membuat merasa bahagia

happy
Membuat tubuh melepas endorfin. (foto: pixabay/alfcermed)

Setelah stres hilang, kamu juga bisa merasakan kebahagiaan setelah berciuman. Ketika berciuman, tubuh akan melepas endorfin, hormon baik yang bisa membuatmu merasa senang.

3. Wajah terlihat awet muda

woman
Membuat otot wajah bekerja. (foto: pixabay/gorbachevsergeyfoto)

Ciuman bibir yang dilakukan dengan penuh gairah bisa membuat otot-otot di sekitar wajah bekerja. Hasilnya, wajah dan leher akan terasa kencang.


4. Membakar kalori

weight loss
Membakar kalori. (foto: pixabay/terovesailanen)

Berciuman selama 1 menit membuat kamu membakar sekitar 2-6 kalori, tergantung seberapa bergairahnya kamu ketika berciuman.

Selain itu, berciuman membuat jantung dan denyut nadi akan terpompa dengan baik. Pada saat yang sama, tekanan darah menurun karena terjadi pelebaran pembuluh darah.


5. Menghilangkan plak gigi

smile
Air liur merontokkan plak. (foto: pixabay/giuliamar)

Siapa sangka bertukar air liur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ya, pertahanan tubuh kamu akan lebih kuat berkat ciuman bibir.

Air liur juga bisa menyingkirkan bakteri pada gigi. Hal itu bisa membantu merontokkan plak-plak yang menempel pada gigi. Namun, itu bukan berarti kamu bisa membuang sikat gigimu begitu saja ya.(*)

BACA JUGA: Dapatkan Tidur Malam Berkualitas dengan Melakukan 5 Cara Ini



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH