Cita-cita Kuliah di Kampus Favorit, Tiga Calon Mahasiswi Malah Kena Tipu Dua pelaku pemalsuan dokumen di Kota Solo. (MP/Win)

MerahPutih.com - Nasib apes harus dialami tiga calon mahasiswi, yakni NK, FN, dan LPM. Bagaimana tidak, keinginannya untuk kuliah kedokteran di UNS Solo gagal tercapai karena menjadi korban penipuan.

Dua tersangka penipuan tersebut, yakni Iwan Saputra (47) warga Klaten dan Arif Munandar (25) warga NTB. Keduanya berhasil memperdaya tiga mahasiswi dengan dalih bisa memasukan ke jurusan yang dikehendaki, asalkan dengan membayarkan sejumlah uang.

Terbongkarnya kasus ini berawal dari petugas administrasi yang melakukan pengecakan data hingga nomor induk. Setelah dimasukkan ke dalam komputer, ternyata nama ketiga mahasiswa tersebut tidak muncul. Pihak UNS kemudian melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian.

“Kedua tersangka berjanji bisa memasukan ketiga mahasiswa tersebut. Bahkan, guna meyakinkan korbannya, tersangka memberikan dokumen, di mana dokumen itu ternyata palsu,” jelas Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo saat gelar perkara di halaman Mapolresta Solo, Senin (7/8).

Mendapatkan laporan tersebut, pihaknya tak tinggal diam, hingga menangkap kedua tersangka di tempat berbeda. Iwan tertangkap di rumahnya, daerah Klaten, sedangkan Arif tertangkap di Yogyakarta.

Terpisah, Wakil Rektor UNS Bidang Umum Muhammad Jamin menerangkan, saat penerimaan mahasiswa baru, UNS sangat transparan. Salah satunya pengecekan data hingga lainnya, bisa dilakukan via online. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Win, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Anggota DPR Dari PDIP Dilaporkan Istrinya Ke MKD


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH