Ciri-Ciri Nama Cawapres Pilihan Jokowi Bocor Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Setpres

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan sudah memilih nama yang bakal mendampinginya maju dalam Pilpres 2019. Bahkan, nama itu sudah sampai di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, selaku partai pengusung utama Jokowi.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan Presiden Jokowi melaporkan nama cawapresnya kepada Megawati saat menggelar pertemuan selama 1 jam 50 menit di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, semalam. Lalu siapa nama sosok yang dipilih Jokowi untuk berduet dalam Pilpres 2019 itu?

Jokowi mega batu tulis
Presiden Joko Widodo kembali menggelar pertemuan dengan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/7) malam. Foto: PDI Perjuangan

Meski enggan menyebut nama, Hasto sempat membocorkan ciri-ciri sosok cawapres pilihan Jokowi. Menurut dia, sosok itu mempunyai visi politik untuk kebangsaan yang sejalan dengan PDIP. "Semuanya harus punya visi politik untuk Indonesia Raya itu," kata dia, saat ditemui awak media di Kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (9/7).

Baca Juga: Nilai Plus Moeldoko Jadi Cawapres Jokowi, Tahu Betul Kekuatan Lawan dan Kawan

Ciri kedua, kata Hasto, sosok cawapres itu memahami Pancasila sebagai falsafah bangsa sekaligus ideologi bangsa. Tak kalah penting, lanjut dia, sosok Cawpares Jokowi harus memahami tantangan mewujudkan keadilan sosial.

"Memahami bagaimana tantangan utama menjalankan keadilan sosial agar tercipta kemakmuran bagi seluruh rakyat indonesia secepat-cepatnya," ungkap Sekjen PDIP itu.

Hasto
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers kepada awak media di Jakarta (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

Ketika dicecar media siapa nama cawapres itu, Hasto berkilah dengan menyitir apa yang disampaikan Megawati ketika diberi tahu Jokowi semalam. Ketum PDIP itu sempat berujar, "Pengumuman dilakukan pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secerah ketika matahari terbit dari timur. Jadi tunggu saja dan sabar."

Baca Juga: Moeldoko Benteng Jokowi Dua Periode

Hasto berdalih nanti diumumkan pada momentum yang tepat, cuaca cerah karena yang akan umumkan adalah pasangan calon pemimpin bangsa yang punya tanggung jawab besar untuk menahkodai kapal besar bernama Indonesia Raya. "Yang jelas itu putra terbaik bangsa," tandas dia. (Fdi)

Baca Juga: Sri Mulyani dan Mahfud MD, Siapa Paling Pantas Dampingi Jokowi?

Kredit : fadhli


Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH