Ciputra Artpreneur Gelar Dua Pameran Besar Peringatan 100 Tahun Hendra Gunawan Jumpa Pers sebelum pameran 100 Tahun Hendra Gunawan. (MP/Zaimul Haq)

CIPUTRA Artpreneur akan menggelar dua pameran besar peringatan seabad hari jadi pelukis Hendra Gunawan. Masing-masing pameran berjudul Hendra Gunawan: Prisoner of Hope dan Spektrum Hendra Gunawan.

"Pameran ini wujud jalinan kuat saya dan Hendra Gunawan," kata Pak Cik, sapaan Dr. Ir. Ciputra, Founder Ciputra Artpreneur saat jumpa pers Peringatan 100 Tahun Hendra Gunawan, di Museum Ciputra Artpreneur (19/7).

Hendra Gunawan merupakan tokoh besar di kancah seni rupa modern Indonesia, sejajar dengan S Sudjojono dan Affandi.

Karya lukisnya kental dengan figur perempuan sebagai penggambaran kemegahan Ibu Pertiwi dan memotret tiap segi kegiatan wong cilik.

Semasa hidupnya, sang maestro kelahiran 11 Juni 1918 silam itu, juga sering melukis tentang suasana masyarakat pedesaan.

Jumpa Pers sebelum pameran 100 Tahun Hendra Gunawan. (MP/Zaimul Haq)
Jumpa Pers sebelum pameran 100 Tahun Hendra Gunawan. (MP/Zaimul Haq)

Pameran pertama dengan judul Hendra Gunawan: Prisoner of Hope akan dimulai pada 4 Agustus. Acara tersebut akan diselenggaraka di Ciputra Museum dengan memamerkan l32 lukisan karya sang Maestro. Semua lukisan yang akan dipamerkan tersebut merupakan koleksi Ir. Ciputra.

Pemilihan tema 'Prisoner of Hope' memiliki makna khusus bagi Pak Cik. Kolektor terbanyak karya Hendra Gunawan tersebut menegaskan tema ini mengandung dua makna. "Ada makna tersirat dan tersurat yang terkandung dalam tema ini," ungkapnya saat jumpa pers di Museum Ciputra, Kamis (19/7).

Lebih lanjut Ir. Ciputra menjelaskan tema pameran ini tak lain, bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian sebagai padanan paling sesuai "Hendra Gunawan bersedia masuk penjara untuk mencapai harapan," jelasnya sembari mengenang sang kawan yang telah dahulu meninggalkannya.

Di waktu bersamaan, Rina C. Sastrawinata, putri Ir Ciputra, menjelaskan pameran kali ini selain untuk memperingati sang legenda juga bertujuan memperkuat karya seni.

"Keindahan lukisan Hendra Gunawan harus diketahui orang banyak," katanya.

Ucapan senada juga dilontarkan kurator pameran, Agus Darmawan T. Menurutnya, pameran kali ini merupakan pameran karya Hendra Gunawan terbesar sepanjang sejarah. "Bahkan, saya rasa pameran ini lebih besar dari yang pernah digelar Hendra semasa hidupnya," kata Agus.

Sejalan dengan pameran Hendra Gunawan: Prisoner of Hope, diselenggarakan pula Spektrum Hendra Gunawan. Pada pameran kedua ini, Ciputra Artpreneur lebih menggarisbawahi relevansi dan pentingnya sosok Hendra Gunawan dalam seni kontenporer Indonesia saat ini.

Berbagai karya seni lebih dari 70 seniman akan dipamerkan dalam Spektrum Hendra Gunawan. Pameran ini dipersembahkan untuk menghormati Sang Maestro. (*)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH