Ciptakan Rasa Aman, Kapolda Metro Jaya Gelar Silaturahmi dengan Masyarakat Papua Silaturahmi warga jakarta dan Masyarakat Papua. (MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengadakan pertemuan dan silaturahmi dengan mahasiswa dan tokoh masyarakat Papua di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya, Jumat (23/8).

Dalam sambutannya, Gatot mengatakan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk merajut persatuan dan kesatuan NKRI serta menguatkan Bhineka Tunggal Ika.

Baca Juga: Polri Dalami 5 Akun Medsos yang Diduga Picu Kerusuhan di Papua

"Saya harap dengan adanya pertemuan ini Mahasiswa Papua dan tokoh masyarakat Papua di Jakarta tidak terpengaruh seperti yang dialami Surabaya dan Malang," tuturnya kepada wartawan.

Silaturahmi warga jakarta dan Masyarakat Papua. (MP/Kanugrahan)
Silaturahmi warga jakarta dan Masyarakat Papua. (MP/Kanugrahan)

Apalagi, kata jenderal bintang dua itu, Indonesia bisa menjadi besar karena beragam budaya, suku, dan ras. Sehingga, selama 74 tahun Indonesia merdeka mengalami perkembangan setiap tahunnya.

"Papua juga bagian dari Negara kita. Karena itu dalam bahasa Papua Kita Semua Basodara," tegas Gatot.

Gatot menambahkan, berita hoaks dan ujaran kebencian tengah marak terjadi. Oleh sebab itu, ia menyarankan masyarakat bisa dengan cerdas menelaah berita yang beredar.

"Banyak yang membuat berita opini dan masyarakat pun percaya dengan opini itu. Jadi dengan adanya pertemuan ini kita harap masyarakat bisa sikapi berita hoaks dan ujaran kebencian secara bijaksana," jelas Gatot.

Baca Juga: Sandi Duga Kerusuhan di Papua Disebabkan Kondisi Ekonomi yang Buruk

Ia mengatakan, bahwa dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dirinya sudah menjamin keamanan warga asal Papua selama beraktifitas di wilayah hukumnya.

Bahkan, jaminan keamanan kepada warga Papua ini juga didukung oleh ormas-ormas yang ada di Jakarta yang menyatakan siap membantu TNI Polri.

Jika ada yang intimidasi ataupun provokasi orang untuk melakukan penyerangan maupun pengepungan kepada warga Papua pihaknya akan segera memproses secara hukum demi memberi efek jera.

"Ayo silahkan beraktifitas, jangan takut jangan khawatir. Kalau ada yang mengintimidasi, kalau ada yang memprovokasi, kami TNI dan Polri paling depan untuk menghadapi itu," tegas Gatot yang mengenakan topi khas Papua ini.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Pangdam Jaya, dan beberapa tokoh Ormas yang ada di wilayah hukumnya.

Silaturahmi warga jakarta dan Masyarakat Papua. (MP/Kanugrahan)
Silaturahmi warga jakarta dan Masyarakat Papua. (MP/Kanugrahan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kepada seluruh warga yang ada di ibu kota bisa menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan bersama.

"Persatuan yang ada hasil dari usaha kita bersama. Mari kita lanjutkan bersama persatuan yang sudah ada di ibu kota ini. Saya harap Jakarta bisa di jaga karena kita sadari ada kesempatan setara di Jakarta," ujar Anies.

Baca Juga: Wiranto Sebut Kerusuhan di Papua Ganggu Stabilitas Nasional

Menurut dia, saat ini Jakarta sudah dikuasai oleh para pendatang dari berbagai penjuru kota. Oleh karena itu ia tidak ingin ada kesinggungan Ras, Suku, Agama, dan Budaya.

"Di Jakarta hampir semua mayoritas yang ditanya pendatang. Mayoritas kita adalah pendatang demi masa depan baik dan Indonesia baik. Kita sama sama jaga ketertiban bagi semuanya," ucap dia.

Dengan menjaga persatuan dan kesatuan di Jakarta, nantinya bisa menularkan kepada daerah lain. Kemudian, jika ada permasalahan Anies meminta untuk bisa dikomunikasikan dan jangan main hakim sendiri.

"Saya harap Jakarta bisa dijaga sama sama karena masyarakat Papua di Jakarta juga sudah memberikan kontribusi pembangunan untuk ibu kota. Kita tahu tidak ada terdengar kasus dan lainnya di Jakarta menyangkut warga Papua. Karena kita semua bersama sama mencari hidup yang lebih baik baik dan mendorong Jakarta serta Indonesia lebih baik lagi," tegas Anies.

"Tunjukan suasana di Jakarta aman dan tertib kalau ada potensi permasalahan kita komunikasikan," sambung dia. (Knu)

Baca Juga: Kemendagri Pilih Jatim Sebagai Lokasi Penyelesaian Kasus Kerusuhan Papua


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH