Cintai Bumi dengan Cara Liburan Ramah Lingkungan di Selandia Baru Menikmati Selandia Baru dengan ramah lingkungan (Foto: Istimewa)

KAMU yang hobi jalan-jalan alias traveling pernah mikir enggak sih, 'ada enggak ya dampak lingkungan sekitar karena sampah-sampah wisata kamu?'. Misalnya kamu memiliki sampah plastik yang kamu buang saat di perjalanan, jadi yang kena imbasnya malah tempat wisata yang kamu kunjungi.

Nah, Hari Bumi yang hadir setiap 22 April bisa menjadi momen untuk mengingatkan kamu betapa pentingnya merawat Bumi. Walaupun kamu tengah bepergian, berkontribusi untuk Bumi wajib hukumnya. Supaya objek wisata tujuan kamu tetap terawat dengan baik di masa depan.

Salah satu negara yang peduli melindungi lingkungan wisata mereka ialah Selandia Baru. "Selandia Baru secara khusus berusaha untuk melindungi, memulihkan, serta meningkatkan lingkungan alam dan keanekaragaman hayati yang dimilikinya," demikian disampaikan keterangan pers yang diterima Merahputih.com dari Tourism New Zealand.

Selain itu, Selandia Baru juga mendorong para pengunjung untuk meminimalkan tourism footprints mereka. Dengan menyediakan pilihan akomodasi, makanan, dan aktivitas yang ramah lingkungan.

Bagi kamu yang punya rencana liburan ke Selandia Baru, begini beberapa tips liburan ramah lingkungan di negara yang berada di Oseania itu.

1. Bergabung menjadi pelindung Selandia Baru

Tiaki Promise
Tiaki Promise merupakan inisiatif yang diperkenalkan industri pariwisata Selandia Baru untuk menjaga lingkungan (Foto: Istimewa)

Sebagai upaya untuk menjaga lingkungan, di Selandia Baru kamu bisa ikut terlibat dalam Tiaki Promise atau Janji Tiaki. Ini merupakan sebuah inisiatif yang diperkenalkan industri pariwisata Selandia Baru untuk menjaga lingkungan.

Dengan inisiatif tersebut, secara aktif kamu akan diajak menikmati Selandia Baru dengan cara-cara yang dapat melindungi alam, menghormati semua budaya, dan melestarikan negara tersebut untuk generasi masa depan.

Misalnya kamu akan mendapat informasi tentang perilaku yang diharapkan sebelum tiba di negara itu. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya, mengemudi dengan aman, dan menunjukkan perhatian dan kepedulian pada sesama. Kamu juga bisa eksis mendukung inisiatif tersebut di medsos dengan menunjukkan tagar #tiakipromise.

2. Menginap di akomodasi ramah lingkungan

Glenorchy
Camp Glenorchy menggunakan energi ramah lingkungan (Net Zero) (Foto: Istimewa)

Selandia Baru memiliki bukti nyata untuk eksis menjaga lingkungan. Negara yang memiliki lebih dari 4 juta penduduk ini memiliki beberapa akomodasi ramah lingkungan. Misalnya ada Camp Glenorchy yang menggunakan energi ramah lingkungan (net zero).

Akomodasi yang berada dekat kaki pegunungan Richradson itu. Merupakan akomodasi ramah lingkungan pertama di Selandia Baru yang memiliki standar kelas dunia. Camp Clenorchy juga memiliki sistem pencahayaan efektif dan toilet kompos. Di seluruh deretan kabin bahkan dilengkapi dengan taman surya.

Baca juga:

Wisata Mistis di Selandia Baru. Berani Mampir?

Mau Foto Romantis dengan Dia? Selandia Baru Tempatnya

Serunya Melancong dengan Cara Camper Vanning di Selandia Baru, Harus Dicoba

Selain Camp Clenorchy, akomodasi ramah lingkungan yang reccomended lainnya ialah Manawa Ridge Luxury Eco Retreat. Penginapan yang dibangun dari balok daur ulang, batu bata lumpur, dan dinding jerami ini bernuansa artistik dan mewah. Lokasinya terletak di bukit area Coromandel Selandia Baru.

3. Menikmati petualangan ramah lingkungan

Tur Kanopi Rotorua
Tur Kanopi Rotorua (Foto: Istimewa)

Yang lebih asyik lagi di Selandia Baru. Kamu bisa seru-seruan bertualang sambil menjaga keindahan lingkungan. Pengalaman tersebut bisa kamu dapatkan dengan cara "terbang" melintasi pepohonan dan terhubung kembali dengan alam. Melalui tur Kanopi Rotorua yang pernah mendapatkan penghargaan.

Di sini, kamu bisa belajar tentang ekosistem hutan Selandia Baru, satwa liar asli, dan tindakan-tindakan yang pernah dilakukan untuk menjaga kelestarian alam. Pengalaman kamu semakin seru lagi karena kamu juga dapat merasakan berada di ketinggian 40 meter. Di atas kanopi hutan yang belum terjamah.

4. Mencoba makanan organik

Sherwood Queenstown
Makanan organik di Sherwood Queenstown (Foto: Istimewa)

Hitung-hitung kamu bisa sekalian hidup sehat saat berada di Selandia Baru. Caranya kunjungi organic sustainable lifestyle block di daerah Waikato yang subur. Di tempat ini kamu bisa menikmati hasil produksi mereka yang berupa macam buah, sayur, dan daging hewan. Semua bahan makanan itu organik lho.

Selain itu, semua produksi bahan makanan tersebut dihasilkan dengan cara ramah lingkungan. Setelah dari sana kamu juga bisa menikmati tren baru makan dan tinggal di akomodasi yang memiliki spesialisasi dalam menghasilkan makanan ramah lingkungan.

Tim kuliner Sherwood Queenstown punya gaya tersendiri dalam menyediakan makanan segar. Supaya hasil olahan makanan mereka sesuai musim yang dipanen dari kebun dapur, kebun, dan sekitarnya.

Bagaimana sahabat Merah Putih. Siap berwisata ramah lingkungan ke Selandia Baru? (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH