Cinta Vs. Suka, Kenali Perbedaannya! Cinta vs Suka, kaji perasaan kamu yang sebenarnya. (Foto: Pixabay/congerdesign)

WHEN it comes to feelings, kebanyakan orang tidak bisa mengidentifikasi emosi mereka dengan jelas. Apakah aku menyukainya? Apakah aku hanya kagum dengannya? Apakah aku jatuh cinta dengannya?

Sesungguhnya, tidak ada definisi yang pasti mengenai apa itu rasa cinta, suka, maupun kagum terhadap seseorang. Tanpa harus dicari perbedaannya, biasanya ketiga perasaan ini menimbulkan rasa senang dan kasmaran ketika sedang dirasakan. Meskipun begitu, bagaimana jika kamu mulai tertarik dengan orang lain ketika kamu sudah punya pacar? Bagaimana cara membedakan apa itu cinta vs. suka?

Baca Juga:

Jika 4 Hal ini Terjadi Padamu, Fix Kamu Seorang Bucin!

1. Fisik

Cinta
Cinta butuh proses. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Jika kamu menyukai matanya yang tajam, tubuhnya yang ideal, pembawaannya yang kalem, suaranya yang lembut, atau penampilannya yang keren? Bisa jadi yang kamu rasakan hanyalah ketertarikan sementara alias rasa suka.

Rasa cinta lebih dari sekedar penampilan fisik. Melainkan lebih kepada level yang mendalam seperti personalitas, cara berpikir, ideologi, kebiasaan, dan lain-lain. Meskipun begitu, tidak jarang cinta datang mulai dari rasa suka terhadap fisik seseorang.

2. Waktu

Cinta

Waktu yang akan membuat rasa itu tumbuh. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Rasa suka bisa terjadi hanya semalam. Kamu bisa saja merasa kegirangan ketika pertama kali bertatapan mata dengannya. Rasa suka diibaratkan sebagai cinta pada pandangan pertama yang tentunya akan mudah pudar.

Sementara cinta membutuhkan waktu. Biasanya kamu tidak bisa menyadari kapan cinta datang. Kamu sering berada disekitarnya untuk beberapa waktu, bisa jadi sebagai teman atau kolega, dan semakin kalian sering menghabiskan waktu bersama, tanpa sadar kalian merasa terhubung.

3. Mendengarkan

cinta
Mendengarkan merupakan salah satu bentuk cinta, (Foto: Pexels/Immortal shots)

Jika kamu menyukai seseorang, biasanya kamu akan berpura-pura tertarik pada percakapannya. Kamu ingin dia merasa bahwa kamu perduli terhadap pemikirannya atau apa saja yang dibicarakannya. Padahal sebenarnya kamu tidak begitu memperhatikan apa yang ia bicarakan karena kamu terpesona pada kecantikan atau ketampanannya. Biasanya kamu juga akan berpikir keras untuk mencari tahu bagaimana cara membuatnya terkesan.

Cinta artinya kamu tulus ingin mendengarkan seseorang. Kamu mendengarkan karena kamu ingin memahaminya dengan baik, dan kamu berharap agar kamu bisa membantu masalah mereka. Kamu tidak akan mengambil keuntungan dari situasi untuk membuat dia terkesan kepadamu.

Baca Juga:

Menjadi Pribadi yang Lebih Dewasa saat Berpacaran, Bisa Kok Girls!

4. Sisi kelam

cinta
Menerima seutuhnya dirinya. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jika kamu menyukai seseorang, maka sekali kamu melihat sisi buruk atau sisi memalukan dari dirinya, maka kamu langsung berhenti menyukainya. Jika kamu mencintainya, meskipun mengetahui keburukan dirinya, kamu akan memutuskan untuk tetap setia, bertahan, dan melanjutkan hubungan.

5. Toleransi

Toleransi tanda hanya ingin membuat seolah kamu dipihaknya. ](Foto inspiring tips) .jpg
Selalu menuju pada kedewasaan hubungan. (Foto: Pixabay/Disarm)

Jika kamu menyukainya, kamu akan mentoleransi segala kesalahannya karena apa yang penting adalah approval dari diri mereka, bukan dari dirimu.

Jika kamu mencintai seseorang, maka kamu akan menegur dan memberitahu apa yang benar. Kamu tidak perduli jika akan ada pertengkaran, karena bagimu yang penting adalah pengembangan diri mereka ke arah yang lebih positif. (Shn)

Baca Juga:

Merasa Dibohongi? Ketahui Modus Perselingkuhan dalam Hubungan Asmara

Kredit : shenna


Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH